Minggu, 11 November 2012

PROGRAM TAHUNAN ( Seni Rupa, musik, tari, teater )


PROGRAM TAHUNAN ( PROTAH )

Satuan Pendidikan : ................................
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas / Semester : X / 1
Tahun Pelajaran : 20... -20...

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi Alokasi Waktu Ket
Seni Rupa
1. Mengapresi-asi karya seni rupa 1.1 Mengidentifi-kasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan daerah setempat
1.2 Menampil-kan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan daerah setempat  Menjelaskan pengertian seni rupa terapan
 Menyebutkan dan menjelaskan keunikan karya seni rupa terapan (ukiran) daerah Madura
 Menyebutkan dan menjelaskan keunikan teknik seni rupa ukiran daerah Madura
 Menyebutkan model /corak ukiran Madura
 Menggambar motif-motif ukiran Madura
 Menyebutkan si-kap apresiatif mas-yarakat Madura terhadap karya seni rupa terapan
Seni Rupa
2. Mengekspresi-kan diri melalui karya seni rupa 2.1 Merancang karya seni rupa terapan dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat
2.2 Membuat karya seni rupa terapan dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat  Menjelaskan tentang merancang karya seni rupa terapan
 Menyebutkan persia-pan persiapan merancang karya seni rupa dengan teknik dan corak daerah Jepara
 Mempraktikkan teknik-teknik pembuatan ukiran
 Menyebutkan dan menggambar macam macam pola ukiran
 Menyebutkan alat-alat yang diguna-kan dalam pembuatan ukiran
 Membuat karya seni rupa terapan secara sederhana, dengan berkelompok.
Seni Musik
3. Mengapresi-asi karya seni musik 3.1 Mengidentifikasi fungsi dan latar belakang musik tradisional dalam konteks budaya masyarakat setempat
3.2 Mengungkapkan pengalaman musikal dari hasil pengamatan terhadap pertunjukan musik tradisional setempat
3.3 Menunjukkan nilainilai musikal dari hasil pengalaman musikal yang didapatkan melalui pertunjukan musik tradisional setempat  Menjelaskan fungsi-fungsi musik tradisional
 Menjelaskan latar belakang musik tradisional
 Menyebutkan jenis-jenis musik tradisional Riau, Sulawesi Selatan
 Menyebutkan dan menjelaskan nilai-nilai musik tradisional
Seni Musik
4. Mengekspre-sikan diri melalui karya seni musik 4.1 Mengembang-kan gagasan kreatif serta mengaransir lagu dengan beragam teknik, media, dan materi musik/lagu tradisional daerah setempat
4.2 Menampilkan lagu yang telah diaransir di kelas  Menyebutkan dan menjelaskan teknik mengaransir lagu
 Menyebutkan dan menjelaskan media musik/lagu tradisional
 Mengaransir lagu tradisional secara berkelompok
Seni Tari
5. Mengapresi-asi karya seni tari 5.1 Mengidentifikasi jenis, peran, dan perkembang an tari Nus-antara da-lam konteks budaya masyarakat daerah setempat
5.2 Mengidentifikasi keuni-kan gerak, kostum, iri-ngan tari Nusantara dalam kon-teks budaya masyarakat daerah se-tempat dalam bentuk tari tunggal  Menyebutkan jenis-jenis tari daerah Yogyakarta
 Menyebutkan peran tari daerah Yogyakarta
 Menjelaskan dan menguraikan secara singkat perkembangan tari daerah Yogyakarta.
 Menyebutkan keunikan gerak tari klasik Yogyakarta
 Menyebutkan keunikan iringan tari Yogyakarta
 Menyebutkan contoh gendinggending Jawa untuk mengiringi tarian Yogyakarta
Seni Tari
6. Mengekspre-sikan diri melalui karya seni tari 6.1 Mengidentifikasi gagasan untuk disusun ke dalam tari kreasi Nusantara daerah setempat dalam bentuk tari tunggal
6.2 Menampilkan seni tari kreasi Nusantara daerah setempat dalam bentuk tari tunggal  Menyebutkan urutan gagasan/ ide dalam penyusunan tari kreasi daerah Yogyakarta
 Menyebutkan dan menjelaskan landasan sebagai sumber penyusunan tari
 Menyebutkan contoh materi gerak tari kreasi daerah Yogyakarta
 Menyebutkan keunikan tari kreasi daerah Yogyakarta
Menampilkan contoh tari kreasi daerah Yogyakarta
Seni Teater
7. Mengapresi-asi karya seni teater 7.1 Mendeskripsi-kan perkemba-ngan teater tradisional daerah setempat dalam konteks budaya masyarakat
7.2 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsur estetis pertunjukan teater tradisional daerah setempat
7.3 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap pesan moral (kearifan lokal) pertunjukan teater tradisional daerah setempat  Menyebutkan dan menjelaskan perkem-bangan teater tradisio-nal daerah Jawa Barat
 Menyebutkan macam-macam teater daerah Jawa Barat
 Menyebutkan macam-macam teater daerah Jawa Barat
 Menyebutkan dan menjelaskan tentang sikap apresiasif terhadap unsur estetis
 Menjelaskan tentang pesan moral
 Menyebutkan contoh teater yang berkaitan dengan kearifan lokal
Seni Teater
8. Mengekspre-sikan diri melalui seni teater 8.1 Mengeksplorasi teknik olah tubuh, pikiran, dan suara
8.2 Merancang pergelaran teater tradisional daerah setempat
8.3 Menerapkan prinsip kerja sama dalam berteater  Menjelaskan tentang eksplorasi teknik olah tubuh, pikiran, dan suara
 Memperagakan gerakan olah tubuh, pikiran dan suara
 Menyebutkan tahap -tahapan olah pikiran
 Menyebutkan macam-macam gerakan yang dilatihkan dalam teknik olah tubuh
 Merancang pergelaran teater tradisional
 Menyebutkan persiapan persipan dalam pertunjukan
 Menyebutkan bagi-an bagian teater yang dapat bekerja sama


Mengetahui
Kepala Sekolah



_________________________
NIP/NIK: .............. , ...............................
Guru Bidang Studi



_________________________
NIP/NIK:




PROGRAM TAHUNAN ( PROTAH )

Satuan Pendidikan : ................................
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas / Semester : X / 2
Tahun Ajaran : 20 ..... / 20 .....

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi Alokasi Waktu Ket
Seni Musik
9. Mengapresi-asi karya seni rupa 9.1 Mengidentifikasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan di wilayah Nusantara  Mendeskripsikan karya seni rupa terapan di wilayah Nusantara sesuai dengan kehidupan sosial budayanya
 Mengklasifikasi fungsi seni terapan daerah masing-masing berdasarkan sosial budayanya
 Mendeskripsikan secara tertulis karya seni terapan salah satu wilayah Nusantara
9.2 Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan daerah setempat  Mengidentifikasi tanggapan secara lisan atas keunikan hasil karya seni rupa terapan daerah setempat
 Menunjukan sikap empati terhadap seni rupa terapan daerah setempat
 Membuat tulisan berupa tanggapan atas keunikan hasil karya seni rupa terapan daerah setempat
Seni Rupa
10. Mengeks-presikan diri melalui karya seni rupa 10.1 Merancang karya seni rupa terapan dengan memanfaatkan teknik dan corak di wilayah Nusantara  Mengidentifikasi gambar karya seni rupa terapan dua dimensi Nusantara
 Mempresentasikan karya seni terapan dua dimensi wilayah Nusantara
 Mendesain gambar seni rupa terapan yang digali dari seni rupa di wilayah Nusantara sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan budayan
Contoh : motif Batik untuk kalangan menengah dan masyarakat biasa
10.2 Membuat karya seni rupa terapan dengan memanfaatkan teknik dan corak di wilayah Nusantara  Membuat karya seni rupa terapan dengan beragam teknik yang digali dari seni rupa di wilayah Nusantara
 Mendesain karya seni terapan
 Penggunaan Alat
 Proses pembuatan
 Proses Pewarnaan alam
 Proses pewrnaan sintetis
10.3 Menyiapkan karya seni rupa buatan sendiri untuk pameran di kelas atau di sekolah  Mengidentifikasi karya seni terapan yang akan dipamerkan dari seni rupa Nusantara kasil karya sendiri di kelas
 Menyiapkan unsur pendukung pameran : brosur, undangan, poster, spanduk
 Mengelompokan anggota untuk pameran
 Menyiapkan pameran bersama karya seni terapan yang dikembangkan dari seni rupa Nusantara kasil karya sendiri di sekolah
10.4 Menata karya seni rupa buatan sendiri dalam bentuk pameran di kelas atau di sekolah  Mengidentifikasi pameran seni terapan
 Membuat laporan kegiatan pameran
 Mengevaluasi kegiatan pameran
Seni Musik
11. Mengapresi-asi karya seni musik 11.1 Mengidenti-fikasi fungsi dan latar belakang musik non tradisional dalam konteks budaya masyarakat setempat  Mendeskripsikan latar belakang musik non tradisional setempat, secara perorangan / kelompok
 Mendeskripsikan fungsi musik non tradisional setempat sesuai dengan kehidupan sosial budayanya.
 Menyanyikan karya musik non tradisional setempat yang sesuai makna kehidupan sosial budayanya.
 Memainkan alat musik karya musik non tradisional setempat.
 bernyanyi dan bermain alat musik karya musik non tradisional setempat
11.2 Mengungkapkan pengalaman musikal dari hasil pengamatan terhadap pertunjukan musik non tradisional setempat  Mendeskripsikan jenis-jenis musik non tradisional dari hasil pengamatan pertunjukan musik non tradisional setempat
 Mengidentifikasikan susunan nada musik non tradisional setempat
 Mendeskripsikan karya-karya musik non tradisional dari hasil pengamatan pertunjukan musik tradisional setempat.
 Bernyanyi dan bermain alat musik karya-karya musik non tradisional setempat hasil dari pengamatan pertunjukan musik non tradisional setempat.
11.3 Menunjukkan nilai-nilai musikal dari hasil pengalaman musikal yang didapatkan melalui pertunjukan musik non tradisional setempat  Mendeskripsikan karakteristik /keunikan karya musik non Tradisional setempat.
 Mendeskripsikan jenis – jenis alat musik non Tradisional setempat.
 Mendeskripsikan isi lagu non tradisional setempat kedalam bahasa Indonesia
Seni Musik
12. Mengekspre-sikan diri melalui karya seni musik 12.1 Mengembang-kan gagasan kreatif serta mengaransir lagu dengan beragam teknik, media, dan materi musik non tradisional setempat  Mendeskripsikan teknik mengaransir / merancang karya musik non Tradisional.
 Menjelaskan prosedur dan materi yang digunakan.
 Menunjukkan sikap menghargai karya seni sendiri dan kelompok.
12.2 Menyiapkan pertunjukan musik tradisional dan non tradisional di kelas  Menyusun penjadwalan kegiatan penampilan.
 Mengidentifikasikan kebutuhan dalam pergelaran/penampilan musik.
 Mengidentifikasikan acara pergelaran musik vocal dan musik instrumental
12.3 Menggelar pertunjukan musik tradisional dan non tradisional di sekolah  Mendemonstrasikan bernyanyi dengan menggunakan teknik yang benar..
 Mendemonstrasikan bermain alat musik dengan menggunakan teknik yang benar.
 Mendemonstrasikan bernyanyi dan bermain alat musik dengan menggunakan teknik yang benar
Seni Tari
13. Mengapresi-asi karya seni tari 13.1 Mengidentifi-kasi jenis, peran, dan perkembangan tari Nusantara daerah setempat dalam konteks budaya masyarakat daerah setempat  Mendeskripsikan fungsi tari berpasangan / kelompok daerah setempat
 Mengidentifikasi jenis tarI berpasangan /kelompok berdasarkan pengamatan pertunjukan
 Mengidentifikasi unsur pendukung tari berpasangan/ kelompok
13.2 Mengidentifi-kasi keuni-kan gerak, kostum, iringan tari Nusantara daerah setempat yang berpa-sangan/ kelompok dalam konteks budaya masyarakat daerah setempat  Menganalisis sikap tari, alur gerak dan pola lantai,level dan kostum tari bentuk berpasangan/ kelompok
 Mengidentifikasi keunikan kostum dan iringan tari berpasangan/ kelompok
 Membuat laporn tertulis tentang keunikan gerak,pola lantai,kostum dan level tari berpasangan/kelompok
Seni Tari
14. Mengekspe-sikan diri melalui karya seni tari 14.1 Mengidentifi-kasi gagasan untuk disusun ke dalam tari kreasi daerah setempat dalam bentuk tari tunggal atau berpasangan/ kelompok  Membuat proposal tari kreasi dalam bentuk berpasangan/ kelompok
 Membuat proposal tari kreasi dalam bentuk
 Mendeskripsikan gagasan yang digunakan sebagai landasan berkreasi tari
 Menganalisis materi gerak yang dipilih dan menyusun prosedur latihan
14.2 Menampil-kan seni tari kelompok/berpasangan berdasarkan tari Nusantara daerah setempat  Membuat sinopsis tari kreasi tunggal, berpasangan/ kelompok
 Mengidentifikasi tari kreasi yang akan ditampilkan secara individu/kelompok
 Mendemonstrasikan tari kreasi yang di pilih
14.3 Menyiapkan pertunjukan karya seni tari kreasi dalam bentuk tari tunggal atau berpasangan/ kelompok di kelas atau sekolah  Mengidentifikasi karya seni tari yang kan dipertunjukan
 Mengidentifikasi tugas-tugas kepanitiaan pertunjukan
 Menunjukan unsur pendukung pertunjukan
14.4 Menggelar pertunjukan karya seni tari kreasi dalam bentuk tari tunggal atau berpasangan/ kelompok di kelas atau sekolah  Membuat sinopsis tari kreasi tunggal, berpasangan/ kelompok
 Membuat susunan acara tari tunggal atau berpasangan/kelompok yang akan ditampilkan s
 Mendemonstrasikan tari kreasi yang di pilih
Seni Teater
15. Mengapresiasi karya seni teater 15.1 Mendeskripsi-kan perkemba-ngan teater non tradisional daerah setempat dalam konteks budaya masyarakat  Mengindentifikasi perkembangan teater non tradisional daerah setempat
 Mengklasifikasikan ciri-ciri teater non tradisional daerah setempat.
 Mengidentifikasi simbol atau ungkapan filosofis teater non tradisional daerah setempat
15.2 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsur estetis pertunjukan teater non tradisional daerah setempat  Mengidentifikasi tentang sikap apresiatif terhadap pertunjukan teater tradisional
 Memdeskripsikan tentang pertunjukan teater tradisional daerah setempat.
 Mengklasifikasikan unsur-unsur estetis yang terdapat dalam pertunukan teater daerah setempat.
 Mengidentifikasi perbedaan unsur-unsur estetis yang terdapat dalam pertunjukan teater daerah setempat
15.3 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap pesan moral (kearifan lokal) pertunjukan teater non tradisional daerah setempat  Mendeskripsikan teater non tradisional daerah setempat .
 Mengklasifikasi macam-macam pesan moral dalam pertunjukan teater non tradisional
 Mengidentifikasi ciri-ciri pesan moral dalam pertunjukan teater non tradisional daerah setempat
Seni Teater
16. Mengekspre-sikan diri melalui karya seni teater 16.1 Mengeksplo-rasi teknik olahtubuh, pikiran, dan suara  Mengklasifikaskan olah tubuh dengan gerakan-gerakn berirama/ ritmis
 Mengidentifikasi mengungkapkan gagasan/ imajinasi
 Mendeskripsikan olah suara dengan Kata-kata, nyanyian atau dialog
16.2 Merancang pergelaran karya seni teater kreatif yang dikembangkan dari seni teater tradisional daerah setempat  Menjelaskan rancangan kegiatan pergelaran seni teater sesuai dengan teater trdisional.
 Mendeskripsikan perencanaan pergelaran seni taeter
 Mengklasifikasi unsur-unsur teater dalam pergelaran
 Mengidentifikasi-kan tentang pembagian dan tanggung jawab panita dalam pergelaran teater.
16.3 Menerapkan prinsip kerja sama dalam berteater  Mendeskripsikan prinsip-prinsip kerja sama kepanitian dalam teater.
 Mengidentifikasikan prinsip kerja sama dalam berteater
 Mendeskripsikan unsur-unsur kerja sama dalam berteater
16.4 Menyiapkan pertunjukan teater tradisional daerah setempat dan teater kreatif yang dikembangkan dari seni teater tradisional daerah setempat  Mendeskripsikan langkah-langkah kegiatan dalam pertunjukan teater tradisional.
 Mengidentifikasikan kebutuhan dalam persiapan pertunjukan teater.
 Mendeskripsikan program latihan persiapan pertunjukan teater ciptaan sendiri
16.5 Menggelar pertunjukan teater tradisional daerah setempat dan teater kreatif yang dikembangkan dari seni teater tradisional daerah setempat  Menata ruang, dekorasi panggung pertunjukan teater tradisional setempat
 Menata pakaian, rias wajah para pemain dalam pertunjukan teater tradisional setempat.
 Melaksanakan pergelaran
 Teater tradisional setempat


Mengetahui
Kepala Sekolah



_________________________
NIP/NIK: .............. , ...............................
Guru Bidang Studi



_________________________
NIP/NIK:




PROGRAM TAHUNAN ( PROTAH )

Satuan Pendidikan : ................................
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas / Semester : XI / 1
Tahun Ajaran : 20 ..... / 20 .....

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi Alokasi Waktu Ket
Seni Rupa
1. Mengapres-iasi karya seni kriya 1.1. Menjelaskan keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni kriya di wilayah Nusantara  Menjelaskan kecenderungan gagasan dalam proses penciptaan berbagai karya seni kriya di Nusantara
 Mendeskripsikan dan menjelaskan teknik membuat suatu karya seni kriya
1.2 Menampilkan sikap aprsiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni kriya di wilayah Nusantara  Mampu mengapresiasi karya seni kriya Nusantara
 Mendeskripsikan teknik membuat karya seni kriya Nusantara
Seni Rupa
2. Mengekspre-sikan diri melalui karya seni kriya 2.1 Merancang karya seni kriya dengan memanfatkan teknik dan corak di wilayah Nusantara  Mampu menjelaskan teknik membuat suatu karya seni kriya Nusantara dan merancangnya
 Menciptakan sebuh rancangan karya seni kriya dengan kandungan unsur corak seni Nusantara
2.2 Membuat karya seni kriya dengan memanfaatkan teknik dan corak di wilayah Nusantara  Siswa mampu membuat karya seni kriya berdasarkan teknik yang telah dirancang
 Siswa mampu membuat karya seni kriya berdasarkan corak yang telah direncanakan
2.3 Menyiapkan karya seni kriya buatan sendiri untuk pameran di kelas atau di sekolah  Menyiapkan karya seni rkriya untuk dipamerkan
2.4 Menata karya seni kriya buatan sendiri dalam bentuk pameran di kelas atau di sekolah  Mengatur dan menata karya seni kriya dalam pameran
Seni Rupa
1. Mengapresi-asi karya seni rupa 1.1. Mengidentifik-asi gagasan, teknik, dan bahan dalam karya seni rupa terapan Nusantara  Menjelaskan kecenderungan gagasan dalam berbagai karya seni rupa Nusantara
 Mendeskripsikan teknik/proses dalam menciptakan berbagai karya seni rupa terapan Nusantara
 Menjelaskan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat berbagai karya seni rupa terapan Nusantara
1.2 Menampilkan sikap apresiatif atas keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan Nusantara  Menjelaskan gagasan, kecenderungan yang unik, dan teknik dalam karya seni rupa modern/kontemporer
Seni Rupa
2. Membuat karya seni rupa 2.1 Menggambar teknik atau mistar  Siswa mampu membuat gambar teknik
2.2 Merancang karya seni kriya dengan mempertimbangkan fungsi dan corak seni rupa terapan Nusantara  Menciptakan sebuh karya seni kriya dengan kandungan unsur seni rupa Nusantara
 Menciptakan sebuh rancangan karya seni kriya dengan kandungan unsur seni rupa Nusantara
2.3 Membuat karya seni kriya dengan mempertimbangkan fungsi dan corak seni rupa terapan Nusantara  Siswa mampu membuat karya seni kriya
Seni Musik
3. Mengekspre-sikan karya seni musik 3.1. Mengidentifikasi makna dan peranan musik tradisional Nusantara dalam konteks kehidupan budaya masyarakat  Menjelaskan makna musik tradisional
 Menyebutkan peranan musik tradisional
3.2. Menunjukkan nilai-nilai dari pengalaman musikal yang terkandung pada musik tradisional Nusantara  Menyebutkan nilai-nilai musik tradisional
 Menjelaskan nilai-nilai musik tradisional
 Menyebutkan contoh lagu-lagu yang mempunyai nilai-nilai budi pekerti luhur, nilai seni tinggi
Seni Musik
4. Mengekspre-sikan diri melalui karya seni musik 4.1. Mengembang-kan gagasan kreatif serta mengaransir/merancang karya musik dengan menggali beragam proses, teknik, prosedur, media, dan materi musik tradisional Nusantara

4.2. Menampilkan karya musik yang telah diaransir di kelas  Mempraktikkan mengaransir lagu
 Menjelaskan tentang akor
 Menyebutkan dan menjelaskan warna suara manusia
 Menyebutkan hal-hal yang diperhatikan dalam penulisan aransemen
 Menyebutkan media mengaransemen lagu
 Menyebutkan contoh-contoh musik tradisional
 Menyebutkan contoh-contoh lagu daerah/tradisional
Seni Tari
5. Mengapresi-asi Karya Seni Tari 5.1 Mengidentifikasi jenis,peran, dan perkembangan tari tunggal Nusantara sesuai konteks budaya masyarakat
5.2 Mendeskripsi-kan unsur estetis tari tunggal Nusantara dari hasil pengamatan pertunjukan
5.3 Mengidentifikasi keunikan tari tunggal Nusantara dalam konteks budaya masyarakat  Menjelaskan dan menyebutkan jenis tari tunggal
 Menyebutkan dan menjelaskan peran tari tunggal
 Menguraikan perkembangan tari tunggal (zaman primitif, feodal, modern)
 Menyebutkan tokoh-tokoh tari beserta hasil karyanya
 Menyebutkan unsur-unsur tari tunggal
 Menyebutkan keunikan tari tunggal (kostum, iringan, gerak)
 Menyebutkan fungsi kostum, iringan, gerak
Seni Tari
6. Mengekspre-sikan diri melalui Karya Seni Tari 6.1. Menyusun sinopsis kreasi bentuk tari tunggal berdasarkan tari Nusantara
6.2. Menampilkan kreasi bentuk tari tunggal berdasarkan tari Nusantara  Menjelaskan pengertian sinopsis tari
 Menyebutkan tahapantahapan menyusun sinopsis tari
 Menyebutkan contoh sinopsis tari
 Menuliskan contoh kreasi bentuk tari tunggal
Seni Teater
7. Mengekspre-sikan karya seni teater 7.1. Mengidentifikasi makna, simbol/filosofi, serta peran teater tradisional dalam konteks kehidupan budaya masyarakat
7.2. Menunjukkan kualitas estetis teater tradisional Nusantara berdasarkan pengamatan terhadap pertunjukan
7.3. Menunjukkan pesan moral (kearifan lokal) teater tradisional Nusantara  Menjelaskan makna simbol/filosofi
 Menjelaskan pengertian teater tradisional
 Menyebutkan peran teater tradi-sional
 Menjelaskan dan menyebutkan kualitas/bobot teater tradisional
 Menunjukkan pesan moral/kearifan lokal teater tradisional (kisah Baratayuda dan Ramayana)
 Menyebutkan unsur-unsur estetis teater tradisional
 Menyebutkan nama-nama teater tradisional pada zaman Belanda, Jepang
Seni Teater
8. Mengekspre-sikan diri melalui karya seni teater 8.1. Mengeksplorasi teknik olahtubuh, pikiran, dan suara
8.2. Merancang karya seni teater kreatif yang dikembangkan dari seni teater tradisional Nusantara
8.3. Menerapkan prinsip kerja sama dalam berteater  Menjelaskan dan memberikan contoh tentang eksplorasi teknik olah tubuh, pikiran, dan suara
 Menyebutkan contoh latihan eksplorasi olah tubuh
 Menyebutkan contoh latihan eksplorasi olah pikiran
 Menyebutkan contoh latihan eksplorasi olah suara
 Menjelaskan tahapan dalam olah pikiran
 Menjelaskan dan menyebutkan persiapan rancangan karya teater
 Menyebutkan bagianbagian staf produksi dan tata artistik yang merupakan bagian dalam kerja sama berteater


Mengetahui
Kepala Sekolah



_________________________
NIP/NIK: .............. , ...............................
Guru Bidang Studi



_________________________
NIP/NIK:




PROGRAM TAHUNAN ( PROTAH )

Satuan Pendidikan : ................................
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas / Semester : XI / 2
Tahun Ajaran : 20 ..... / 20 .....

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi Alokasi Waktu Ket
Seni Rupa
9. Mengapresi-asi karya seni kriya 9.1. Mengidentifikasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni kriya mancanegara  Menjelaskan kecenderungan karakteristik dan contoh seni kriya mancane-gara
 Menjelaskan kecenderungan karakteristik dan contoh seni kriya mancanegara
9..2 . Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni kriya mancanegara  Menjelaskan perkembangan gagasan dalam karya seni kriya mancanegara
 Mampu memberikan apresiasi terhadap karya seni kriya mancanegara
Seni Rupa
10. Mengekspre-sikan diri melalui karya seni kriya 10.1 Merancang karya seni kriya dengan memanfaat-kan teknik dan corak di mancanegara  Mampu merancang karya seni kriya dengan teknik yang khas mancanegara
 Mampu merancang karya seni kriya dengan corak yang khas mancanegara
10.2 Membuat karya seni kriya dengan memanfaatkan teknik dan corak di mancanegara  Menjelaskan teknik dan corak mancanegara yang akan diterapkan dalam pembuatan karya
 Membuat sebuah karya seni kriya berdasarkan teknik dan corak seni kriya mancanegara
10.3 Menyiapkan karya seni kriya buatan sendiri untuk pameran di kelas atau di sekolah  Menjelaskan apa yang disebut dengan “pameran”, serta makna dan manfaat yanng dapat mereka peroleh dengan menyelenggarakan pameran
 Menyiapkan karya seni rupa untuk dipamerkan
10.4 Menata karya seni kriya buatan sendiri dalam bentuk pameran di kelas atau di sekolah  Mengatur dan menata karya seni rupa dalam pameran
Seni Rupa
11. Mengapresi-asi karya seni rupa 11.1 Mengidentifikasi gagasan, teknik, dan bahan dalam karya seni rupa terapan mancanegara  Siswa mampu mendeskripsikan ciri khas gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan mancanegara
 Siswa mampu menyebutkan bahan yang biasa digunakan dalam karya seni rupa terapan mancanegara
11.2 Menampilkan sikap apresiatif atas keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan mancanegara  Membuat komentar ilmiah/apresiasi terhadap gagasan dan teknik yang digunakan / terdapat dalam karya seni rupa terapan mancanegara
Seni Rupa
12. Membuat karya seni rupa 12.1. Menggambar teknik atau proyeksi  Membuat gambar menggunakan mistar dengan ketepatan melalui konstruksi matematis.
 Mengerti fungsi dan tujuan menggambar mistar.
 Mengetahui media-media yang digunakan dalam menggambar menggunakan mistar.
 Mendeskripsi-kan gambar proyeksi
12.2 Merancang karya seni rupa dengan mempertimbagkan fungsi dan corak seni rupa terapan  Mampu merancang fungsi dan corak seni rupa terapan.
 Mampu merancang hasil karya seni rupa terapan dengan fungsi dan corak tertentu
12.3 Membuat karya seni rupa dengan mempertimbangkan fungsi dan corak seni rupa terapan  Mampu membuat hasil karya seni rupa terapan dengan fungsi dan corak tertentu
12.4 Menyiapkan karya seni rupa hasil karya sendiri untuk pameran kelas atau sekolah  Menyiapkan karya seni rupa untuk dipamerkan
12.5 Menata karya seni rupa hasil karya sendiri dalam bentuk pameran kelas atau sekolah  Menjelaskan berbagai tema/konsep pameran seni rupa
 Mengatur dan menata karya seni rupa dalam pameran
Seni Musik
13. Mengapresi-asi karya seni musik 13.1. Mengidentifikasi makna dan peranan musik non tradisional Nusantara dalam konteks kehidupan budaya masyarakat
13.2. Menunjukkan nilai-nilai dari pengalaman musikal yang terkandung pada musik non tradisional Nusantara  Mengenal berbagai jenis aliran musik non tradisional yang berkembang di Nusantara.
 Mengidentifikasi persamaan dan perbedaan dari setiap jenisnya.
 Mengklasifikasikan makna dan peranan dari keunikannya.
 Menganalisa keunikan nilai estetika dari setiap jenisnya
Seni Musik
14. Mengekspre-sikan diri melalui karya seni musik 14.1.Mengembangkan gagasan kreatif serta mengaransir/merancang karya musik dengan menggali beragam proses, teknik, prosedur, media, dan materi musik non tradisional Nusantara
14.2. Menyiapkan pertunjukan musik di kelas
14.3. Menggelar pertunjukan musik di kelas  Mengaransir lagu (kelompok)
 Memainkan / menyanyikan lagu hasil aransemen.
 Menyiapkan pertunjukan musik di kelas / sekolah.
 Menggelar pertunjukan musik di kelas / sekolah
Seni Tari
15. Mengapresi-asi Karya Seni Tari 15.1.Mengidentifikasi jenis,peran, dan perkembangan tari kelompok Nusantara sesuai konteks budaya Masyarakat

15.2.Mendeskripsikan unsure estetis tari kelompok Nusantara dari hasil pengamatan pertunjukan  Mendeskripsikan fungsi tari berpasangan/ kelompok Nusantara
 Mengielompokan tari berpasangan/ kelompok putra dan tariberpasangan/
 kelompok putri Nusantara
 berdasarkan pengamatan pertunjukan
 Mengidentifikasi unsur pendukung tari tunggal Nusantara berdasarkan pengamatan
 Mendeskripsikan sikap.alur gerak, dan pola lantai tari berpasangan/kelompok Nusantara
 Mengidetifikasi keunikan kostum dan iringan yang dugunakan dalam tari berpasangan/kelompok Nusantara
 Membuat laporan unsusr estetis tari tungal Nusantara
15.3. Menunjukan sikap apresiatif terhadap keunikan tari kelompok Nusantara dalam Konteks Budaya masyarakat  menganalisisi sikap alur gerak dan pola lantai yang digunakan dalam tari kelompok Nusantara
 Mengidentifikasi keunikan kostum,iringan,gerak,dan pola lantai tari kelompok Nusantara
 Menjelaskan secara lisan dan tertulis terhadap keunikan tari kelompok Nusantara
Seni Tari
16. Mengekspre-sikan Diri Melalui Karya Seni Tari 16.1 Menyusun sinopsis kreasi bentuk kelompok berdasarkan tari Nusantara

16.2 Mempertunjukan karya seni tari kelompok dan kreasi orang lain di sekolah  Menceriterakan tema-tema tari kreasi bentuk berpasangan/kelompok Nusantara
 Menunjukan gerak tari,polalntai,level, iringan tari kreasi bentuk berpasangan/kelompok Nusantara
 Menunjukan kostum,properti tari kreasi bentuk berpasangan/kelompok Nusantara
 Mengidentifikasi materi pertunjukan
 Menunjukan susunan acara
 Menyajikan tari kelompok
Seni Teater
17. Mengekspre-sikan karya seni Teater 17.1. Mengidentifikasi makna, simbol/filosofi, serta peran teater non tradisional dalam konteks kehidupan budaya masyarakat  Menjelaskan makna simbolik/filosofi dalam teater non tradisional
 Mendeskrepsikan fungsi teater non tradisional dalam kehidupan budaya masyarakat
 Mendiskripsikan makna simbol dalam teater non tradisional
17.2. Menunjukkan sikap apresiatif terhadap kualitas estetis teater non tradisional Nusantara berdasarkan pengamatan terhadap pertunjukan  Mendiskripsikan sikap apresiatif terhadap pertunjukan teater non tradisional
 Mendiskripsikan laporan pengamatan tentang pertunjukan teater non tradisional daerah setempat.
 Mengklasifikasikan unsur-unsur estetis yang terdapat dalam pertunukan teater non tradisional daerah setempat.
 Menunjukan perbedaan unsur-unsur estetis yang terdapat dalam pertunjukan teater non tradisional
17.3. Menunjukkan sikap apresiatif terhadap pesan moral (kearifan lokal) teater non tradisional Nusantara  Menjelaskan tentang nilai-nilai luhur dari pesan teater non tradisional Nusantara
 Mengidentifikasi tentang nilai-nilai perjuangan dari pesan teater non tradisional Nusantara
 Mengidentifikasi tema teater dengan pesan moral yang dipaparkan
Seni Teater
18. Mengekspre-sikan diri melalui karya seni teater 18.1. Mengeksplorasi teknik olahtubuh, pikiran, dan suara  Mendemonstrasikan gerakan beraturan sesuai dengan teknik olah tubuh yang mempunyai irama/ ritmis
 Mendeskripsikan ungkapan rasa dan imajinasi sebagai teknik olah pikir.
 Mendemonstrasikan olah suara dengan mengucapkan vokal,kata dan kalimat
18.2. Merancang teater kreatif berdasarkan teater non tradisional Nusantara  Mengidentifikasi program teater kreatif berdasarkan teater non tradisi Nusantara.
 Mengklasifikasikan jenis kebutuhan pergelaran teater Non Nusantara.
 Mendefinisikan rancangan kegiatan pergelaran seni teater kreatif sesuai dengan teater non tradisional Nusantara
18.3. Menerapkan prinsip kerjasama dalam berteater  Mengklasifikasikan prinsip kerja sama dalam pergelaran berteater
 Mendemontrasikan peran dalam pertunjukan teater
 Mendeskripsikan fungsi peran dalam pertunjukan teater
 Mendeskripsikan kepanitiaan untuk pergelaran berteater
18.4. Menyiapkan pertunjukan teater tradisional dan non tradisional yang telah dirancang  Mengidentifikasi kepanitiaan pertunjukan teater sesuai dengan kebutuhan dan pembagian tugasnya
 Mendiskripsikan perencanaan dan penjadualan pertunjukan
 Mengidentifikasi susunan acara yang disesuaikan dengan tema
18.5. Menggelar pertunjukan teater tradisional dan non tradisional yang telah dirancang  Mendemonstrasikan penataan ruang dekorasi panggung pertunjukan teater tradisional
 Mendemonstrasikan penataan pakaian, rias wajah para pemain dalam pertunjukan teater tradisional
 Medemontrasikan pergelaran
 Teater tradisional


Mengetahui
Kepala Sekolah



_________________________
NIP/NIK: .............. , ...............................
Guru Bidang Studi



_________________________
NIP/NIK:




PROGRAM TAHUNAN ( PROTAH )

Satuan Pendidikan : ................................
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas / Semester : XII / 1
Tahun Ajaran : 20 ..... / 20 .....

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi Alokasi Waktu Ket
Seni Rupa
1. Mengapresi-asi karya seni rupa 1.1 Menjelaskan keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa modern/kontemporer
1.2. Menjelaskan perkembangan seni rupa modern/kontemporer Mancanegara
1.3. Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa modern/kontemporer  Menjelaskan keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa modern/kontemporer
 Menyebutkan latar belakang lahir seni rupa modern/kontemporer
 Mejelaskan dan menguraikan perkembangan seni rupa mancanegara (modern /kontemporer)
 Menyebutkan aliran-aliran seni rupa mancanegara
 Menjelaskan dan menyebutkan cara penilaian karya seni rupa modern dan kontemporer
Seni rupa
2. Mengekspre-sikan diri melalui karya seni rupa 2.1. Merancang karya seni rupa murni dan terapan yang dikembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara
2.2. Membuat karya seni rupa murni dan terapan yang dikembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara  Menjelaskan maksud merancang karya seni rupa
 Menyebutkan karya seni rupa murni dan terapan sebagai bahan untuk merancang
 Menyebutkan macam-macam rancangan dalam penggunaan
 Membuat karya seni rupa murni dan terapan
Seni musik
3. Mengapresi-asi karya seni musik 3.1. Mengidentifikasi makna dan peranan musik Nusantara dalam konteks kehidupan budaya masyarakat
3.2. Menunjukkan nilai-nilai dari pengalaman musikal hasil pengamatan terhadap pertunjukan karya musik Nusantara  Menjelaskan makna musik Nusantara (tradisional, modern, dan kontemporer)
 Menyebutkan pembagian musik Nusantara
 Menyebutkan dan menjelaskan peranan musik Nusantara (tradisional, modern, dan kontemporer)
 Menunjukkan nilainilai yang terkandung dalam musik Nusantara
 Menyebutkan halhal yang perlu diamati dalam pengakuan musik Nusantara
Seni musik
4. Mengapresi-asikan diri melalui karya seni musik 4.1. Mengembang-kan gagasan kreatif serta mengaransir karya musik dengan menggali beragam proses, teknik, prosedur, media, dan materi musik Nusantara
4.2. Menampilkan karya musik yang telah diaransir  Menjelaskan makna musik Nusantara (tradisional,modern, dan kontemporer)
 Menyebutkan pembagian musik Nusantara
 Menyebutkan dan menjelaskan peranan musik Nusantara (tradisional, modern, dan kontemporer)
 Menunjukkan nilai-nilai yang terkandung dalam musik Nusantara
 Menyebutkan hal-hal yang perlu diamati dalam pengakuan musik Nusantara
Seni Tari
5. Mengapresi-asi karya seni tari 5.1. Mengidentifikasi jenis, peran, dan perkembangan tari tunggal kreasi nonetnik sesuai konteks budaya masyarakat daerah setempat
5.2. Mengidentifikasi jenis dan peran tari kelompok kreasi nonetnik dalam konteks kehidupan budaya masyarakat daerah setempat
5.3. Menunjukkan sikap apresiatif terhadap keunikan tari tunggal kreasi nonetnik dalam konteks budaya masyarakat daerah setempat  Menyebutkan jenis, peran dan perkembangan tari tunggal (tari Bali)
 Menyebutkan peran dan jenis, tari kelompok (tari Surakarta)
 Menyebutkan dan menjelaskan keunikan tari tunggal dan kelompok tari Bali
Seni Tari
6. Mengapresi-asi diri melalui karya seni tari 6.1. Menyusun sinopsis kreasi tari tunggal non etnik
6.2. Menyusun sinopsis kreasi tari kelompok nonetnik  Menyebutkan hal –hal yang diperhatikan dalam menyusun sinopsis tari
 Menyebutkan urutan gerak tari tunggal (tari Tani)
 Memperagakan salah satu ragam gerak tari tunggal (tari Tani)
 Menyusun sinopsis tari tunggal dan kelompok
Seni teater
7. Mengapresi-asi karya seni teater 7.1. Mengidentifikasi makna dan peranan pertunjukan teater tradisional mancanegara (Asia) dalam konteks kehidupan budaya masyarakat
7.2. Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsur estetis teater tradisional mancanegara (Asia) berdasarkan pengamatan pertunjukan
7.3. Menunjukkan sikap apresiatif terhadap pesan moral (kearifan lokal) teater tradisional Mancanegara (Asia)  Menjelaskan makna teater
 Menyebutkan peranan pertunjukan teater tradisional
 Mengamati pertunjukan teater
 Menyebutkan unsurunsur estetis teater tradisional
 Menjelaskan dan mengurai-kan serta mencerminkan kembali sinopsis teater mancanegara yang berjudul “Romeo dan Yuliet
 Meyebutkan pesan moral, yang terdapat pada teater tradisional mancanegara (Romeo dan Yuliet)
Seni teater
8. Mengapresi-asi diri melalui karya seni teater 8.1. Mengeksplorasi teknik olahtubuh, pikiran, dan suara
8.2. Merancang karya teater kreatif yang dikembangkan dari teater tradisional mancanegara (Asia)
8.3. Menerapkan prinsip kerjasama dalam berteater  Menyebutkan contoh-contoh eksplorasi teknik olah tubuh, pikiran dan suara
 Merancang karya teater tradisional
 Menyebutkan teknik-teknik permainan
 Menyebutkan bagian-bagian kerja sama dalam berteater


Mengetahui
Kepala Sekolah



_________________________
NIP/NIK: .............. , ...............................
Guru Bidang Studi



_________________________
NIP/NIK:




PROGRAM TAHUNAN ( PROTAH )

Satuan Pendidikan : ................................
Mata Pelajaran : Seni Budaya
Kelas / Semester : XII / 2
Tahun Ajaran : 20 ..... / 20 .....

Standar Kompetensi Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi Alokasi Waktu Ket
Seni rupa
9 Mengapresi-asi karya seni rupa 9.1. Membandingkan seni rupa tradisional dengan seni rupa modern/kontemporer  Mengidentifikasi perbedaan seni rupa tradisional , seni rupa modern dan kontemporer
 Mengidentifikasi corak dan fungsi seni rupa tradisional dengan seni modern/kontemporer di Indonesia
 Membuat klasifikasi seni tradisional dengan seni rupa modern / kontemporer
 Menjelaskan perbedaan secara tertulis seni rupa tradisional dengan modern /kontemporer
9.2. Menjelaskan perkembangan seni rupa modern / kontemporer di Indonesia  Menjelaskan proses perkembangan karya seni rupaModern/kontemporer secara lisan atau tertulis di Indonesia
 Mengidentifikasi konsep penciptaan seni rupa modern/kontemporer di Indonesia
 Menjelaskan corak seni rupa modern/kontemporer Indonesia
 Membuat laporan tertulis perkembanagan seni rupa modern /kontemporer di Indonesia
9.3. Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa modern / kontemporer di Indonesia  Menyampaikan tanggapan secara lisan atas keunikan hasil karya seni rupa seni rupa modern / kontemporer di Indonesia
 Menunjukan sikap empati terhadap seni rupa seni rupa modern / kontemporer di Indonesia
 Membuat tulisan berupa tanggapan atas keunikan hasil karya seni rupa seni rupa modern / kontemporer di Indonesia
Seni rupa
10. Mengekspre-sikan diri melalui karya seni rupa 10.1. Membuat karya seni rupa murni dan terapan yang dikembangkan dari beragam corak dan teknik seni rupa  Membuat karya seni rupa murni dengan beragam teknik dan corak
 Menjelaskan jenis-jenis media seni murni dan terapan Nusantara
 Membuat karya seni rupa terapan yang digali dari beragam corak seni
10.2. Membuat karya seni rupa murni dan terapan yang dikembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara  Mengidentifikasi unsusr-unsur seni murni dan terapan Nusantara
 Membuat karya seni rupa murni yang di kembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara
 Membuat karya seni rupa terapan yang di kembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan budayanya
10.3. Menyiapkan karya seni rupa yang diciptakan untuk pameran sekolah atau luar sekolah  Mengidentifikasi karya seni rupa tradisi,modern dan kontemporer yang akan dipamerkan
 Mengelompokan anggota dan karya untuk pameran
 Menyiapkan pameran bersama karya seni rupa tradisional dan modern / kontemporer di kelas
10.4. Menata karya seni rupa yang diciptakan dalam bentuk pameran sekolah atau luar sekolah  Menyiapkan karya seni tradisi,modern / kontemporer bersama yang dikembangkan dari hasil karya sendiri di kelas atau di sekolah
 Mengidentifikasi keguanaan pameran seni terapan
 Mendeskripsikan hasil pameran seni terapan dengan teknik menggambar proyeksi
Seni rupa
9. Mengapresi-asi karya seni rupa 9.1. Membandingkan seni rupa tradisional dengan seni rupa modern / kontemporer  Menjelaskan pengertian seni rupa tradisional , seni rupa modern dan kontemporer
 Mengidentifikasi corak dan fungsi seni rupa tradisional dengan seni modern/kontemporer di Indonesia
 Mengklasifikasi seni tradisional dengan seni rupa modern/kontemporer
 Melaporkan secara tertulis perbedaan seni rupa tradisional dengan modern /kontemporer
9.2. Menjelaskan perkembangan seni rupa modern /kontemporer di Indonesia  Menjelaskan proses perkembangan karya seni rupaModern/kontemporer secara lisan atau tertulis di Indonesia
 Mengidentifikasi konsep penciptaan seni rupa
 modern/kontemporer di Indonesia
 Menjelaskan corak seni rupa modern/kontemporer Indonesia
 Mendeskripsikan secara tertulis perkembangan seni rupa modern /kontemporer di Indonesia
9.3. Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa modern /kontemporer di Indonesia dengan memperhatikan konteks kehidupan masyarakat  Menyampaikan tanggapan secara lisan atas keunikan hasil karya seni rupa seni rupa modern / kontemporer di Indonesia
 Menunjukan sikap empati terhadap seni rupa seni rupa modern / kontemporer di Indonesia
 Membuat tulisan berupa tanggapan atas keunikan hasil karya seni rupa seni rupa modern / kontemporer di Indonesia
Seni rupa
10. Mengekspre-sikan diri melalui karya seni rupa 10.1. Menggambar teknik/ perspektif lanjutan  Mendeskripsikan menggambar perspektif
 Mengidentifikasi jenis alat yang praktis dan sesuai prosedur
 Menggambar teknik perspektif benda bersusun (bangunan) beserta banyangannya
10.2. Membuat karya seni rupa murni dan terapan yang dikembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara  Mengidentifikasi unsusr-unsur seni murni dan terapan Nusantara
 Membuat karya seni rupa murni yang di kembangkan dari unsurteknik garis dan prosedur seni rupa Nusantara
 Membuat karya seni rupa terapan yang di kembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan budayanya
10.3. Menyiapkan karya seni rupa yang diciptakan untuk pameran sekolah atau luar sekolah  Mengidentifikasi karya seni rupa yang yang akan dipamerkan dengan teknik menggambar Perspektif
 Mengelompokan anggota dan karya untuk pameran
 Menyusun panitia pameran
 Menentukan tugas pokok masing-masing
 Menyiapkan pameran bersama karya seni rupa yang dikembangkan dari menggambar teknik Perspektif
10.4. Menata karya seni rupa yang diciptakan dalam bentuk pameran sekolah atau luar sekolah  Menjelaskan tujuan dan kegunaan Pameran
 Mengumpulkan jenis karya seni tradisi, modern/kontemporer
 Evaluasi kegiatan Pameran seni rupa tradisi Nusantara, modern / kontemporer dan menggambar teknik (perspektif)
Seni Tari
11. Mengapresi-asi karya seni musik 11.1. Mengidentifikasi makna peranan musik non tradisional Mancanegara dalam konteks kehidupan budaya masyarakat  Mengidentifikasi karya musik non tradisional Mancanegara.
 Mengidentifikasi makna musik non tradisional Mancanegara.
 Mengidentifikasi peranan musik non tradisional Mancanegara.
11.2. Menunjukan nilai-nilai dari pengalaman musikal hasil pengamatan terhadap pertunjukan karya musik non tradisional Mancanegara  Mendeskripsikan karakteristik/keunikan karya musik non Tradisional Mancanegara.
 Mengidentifikasi jenis-jenis alat musik non tradisional Mancanegara.
 Memainkan alat musik mengiringi lagu non tradisional Mancanegara
Seni Tari
12. Mengapresi-asi diri melalui karya seni musik 12.1. Mengembangkan gagasan kreatif serta mengaransir karya musik dengan menggali beragam proses, teknik, prosedur, media, dan materi musik tradisional Mancanegara (NonAsia)  Mendeskripsikan teknik mengaransir/merancang karya music non tradisional mancanegara
 Menyebutkan langkah-langkah menaransir/meramcang karya lagu non tradisional mancanegara
 Menaransir lagu non tradisional mancanegara
 Membaca notasi dan syairuntuk vocal dan lagu hasil aransir
 Menyesuaikan alat music dengan lagu hasil aransir
 Memainkan alat music mengiringi lagu non tradisonal
12.2. Menyiapkan pertunjukan musik tradisional, non tradisional atau Mancanegara (NonAsia) di sekolah atau luar sekolah  Mendiskusikan susunan kepanitiaan pergelaran music
 Menyususn proposal kegiatan pergelaran music di sekolah
 Memilih/menyeleksi jenis acara dalam pergelaran music di skeolah
 Mengidentifikasi kebutuhan dalam kegiatan pergelaran/penampilan music
 Menyiapkan acara pertunjukkan music yang akan ditampilkan dalam kegiatan music di sekolah
 Mengidentifikasi acara pergelaran musik
12.3. Menampilkan pertunjukan musik tradisional, non tradisional atau Mancanegara (NonAsia) di sekolah atau luar sekolah  Bernyanyi dengan nada yang sesuai
 Bermain music instrument memainkan lagu mancanegara dengan teknik yang benar
 Menyesuaikan alat music pengiring dengan lagu/nyanyian yang akan di pentaskan
 Mendemonstrasikan bernyanyi dan bermain alat dengan teknik yang benar secara perorangan atau kelompok
 Mengemas sebuah sajian music dalam acara pergelaran acara music di sekolah
Seni Tari
13. Mengapresi-asi Karya Seni Tari 13.1 Mengidentifikasi jenis, peran dan perkembangan tari tunggal Mancanegara (non-Asia) sesuai konteks budaya masyarakatnya
13.2 Mengidentifikasi jenis dan peran tari kelompok Mancanegara (non-Asia) dalam konteks kehidupan budaya masyarakatnya
13.3. Menunjukan sikap apresiatif terhadap keunikan tari tunggal Mancanegara (nonAsia) dalam konteks budaya masyarakatnya  Mendeskripsikan fungsi tari tunggal Mancanegara (nonAsia)
 Mengidentifikasi jenis tari tunggal Mancanegara (non-Asia) berdasarkan pengamatan
 Mengidentifikasi unsur pendukung tari tunggal Mancanegara (nonAsia) berdasarkan pengamatan
 Mendeskripsikan fungsi tari kelompok Mancanegara (nonAsia)
 Mengidentifikasi jenis tari kelompok Mancanegara berdasarkan pengamatan pertunjukan
 Mengidentifikasi unsur pendukung tari kelompok Mancanegara (nonAsia) berdasarkan pengamatan
 menganalisisi sikap alur gerak dan pola lantai yang digunakan dalam tari tunggal Mancanegara (non-Asia)
 Mengidentifikasi keunikan kostum, iringan, gerak dan pola lantai tari tunggal Mancanegara (nonAsia)
 Menjelaskan secara lisan dan tertulis terhadap keunikan tari tunggal Mancanegara (nonAsia)
Seni Tari
14. Mengekspre-sikan Diri Melalui Karya Seni Tari 14.1 Menyusun sinopsis kreasi tari tunggal dan kelompok
14.2 Menyiapkan pertunjukan tari kreasi (tari tunggal dan kelompok)
14.3 Mempertunjukan seni tari kreasi ( tunggal dan kelompok ) di sekolah  Menceriterakan tema-tema tari kreasi tunggal dan tari kelompok
 Menunjukan gerak tari, polalntai, level, iringan kreasi tari tunggal dan kelompok
 Menjelaskan eksplorasi gerak sebagai dasar penyusunan tari
 Mengidentifikasi karya tari
 Mengidentifikasi tugas-tugas kepanitiaan pertunjukan
 Menyiapkan unsur pendukung pertunjukan dalam bentuk publikasi
 Menentukan tempat pertunjukan
 Menunjukkan susunan acara
 Mendemonstrasikan tari kelompok dan kreasi orang lain
Seni Teater
15. Mengekspre-sikan karya seni teater 15.1 Mengidentifikasi makna dan peranan pertunjukan teater non tradisional mancanegara (NonAsia) dalam konteks kehidupan budaya masyarakat  Mendiskripsikan makna simbolik/filosofi dalam teater
 Mendeskrepsikan fungsi teater dalam kehidupan budaya masyarakat
 Mendemonstrasikan gerakan sederhana tentang makna simbol dalam teater tradisional
15.2. Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsur estetis teater non tradisional Mancanegara (NonAsia) berdasarkan pengamatan pertunjukan  Mendeskripsikan tanggapan secara lisan dan terulis tentang sikap apresiatif terhadap pertunjukan teater non tradisional mancanegara
 Membuat laporan pengamatan tentang pertunjukan teater non tradisional mancanegara
 Mengidentifikasi unsur-unsur estetis yang terdapat dalam pertunjukan teater non tradisional
 Mendeskripsikan perbedaan unsur-unsur estetis yang terdapat dalam pertunjukan teater non tradisional
15.3 Menunjukkan sikap apresiatif terhadap pesan moral (kearifan lokal) teater non tradisional Mancanegara (NonAsia)  Menjelaskan tentang nilai-nilai luhur dari pesan teater non tradisional Nusantara
 Mengidentifikasi tentang nilai-nilai perjuangan dari pesan teater non tradisional Nusantara
 Mengidentifikasi tema teater dengan pesan moral yang dipaparkan
Seni Teater
16. Mengekspre-sikan diri melalui karya seni teater 16.1 Mengeksplorasi teknik olah tubuh, pikiran,dan olah suara.
16.2 Merancang karya teater kreatif yang dikembangkan dari teater tradisional Mancanegara (Asia)
16.3 Menerapkan prinsip kerjasama dalam berteater
16.4 Menyiapkan pertunjukan teater kreatif yang diciptakan sendiri
16.5 Menggelar pertunjukan teater kreatif yang diciptakan  Mengklasifikasikan teknik olah tubuh dengan gerakan-gerakan berirama/ritmis
 Mengidentifikasi hasil percobaan Olah pikir dengan mengungkapkan gagasan/imajinasi
 Mendemontrasikan olah suara dalam suatu latihan vokal atau dialog.
 Mendeskripsikan perbedaan teknik olah tuh,olah pikir dan olah suarai.
 Mengklasifikasikan jenis kebutuhan pergelaran teater non Asia
 Mendeskripsikan rancangan kegiatan pergelaran seni teater kreatif sesuai dengan teater non Asia
 Mendeskripsikan tentang perencanaan pergelaran seni taeter non Asia
 Mengklasifikasikan prinsip kerja sama dalam pergelaran berteater
 Mendemontrasikan peran dalam pertunjukan teater
 Mengidentifikasi kepanitiaan pertunjukan teater sesuai dengan kebutuhan dan pembagian tugasnya
 Mendiskripsikan perencanaan dan penjadualan pertunjukan
 Mengidentifikasi susunan acara yang disesuaikan dengan tema
 Menata ruang, dekorasi / settingpan pentas pertunjukan teater karya sendiri
 Menata pakaian, rias wajah,penyinaran dalam pertunjukan teater karya sendiri
 Klasifikasi acara pergelaran teater kreatif ciptaan sendiri


Mengetahui
Kepala Sekolah



_________________________
NIP/NIK: .............. , ...............................
Guru Bidang Studi



_________________________
NIP/NIK:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar