Minggu, 11 November 2012


PEMETAAN SK, KD DAN ASPEK
SENI BUDAYA


Nama Sekolah         :  SMA/MA .............................
Mata Pelajaran        : Seni Budaya
Kelas / Semester    : X / 1
Tahun Ajaran          : 20 .....  / 20 .....

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Tahapan berpikir
Indikator Pencapaian Kompetensi
Tahapan berpikir
Materi Pokok
Ruang Lingkup
Alokasi Waktu
Seni Rupa
1.     Mengapresi-asi karya seni rupa
1.1    Mengidentifi-kasi keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan daerah setempat
1.2    Menampil-kan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan daerah setempat

§ Menjelaskan pengertian seni rupa terapan
§ Menyebutkan dan menjelaskan keunikan karya seni rupa terapan (ukiran) daerah Madura
§ Menyebutkan dan menjelaskan keunikan teknik seni rupa ukiran daerah Madura
§ Menyebutkan model /corak ukiran Madura
§ Menggambar motif-motif ukiran Madura
§ Menyebutkan si-kap apresiatif mas-yarakat Madura terhadap karya seni rupa terapan

§ Keunikan gagasan dan teknik seni rupa terapan daerah
§ Sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik seni rupa terapan daerah Madura


Seni Rupa
2. Mengekspresi-kan diri melalui karya seni rupa
2.1    Merancang karya seni rupa terapan dengan  memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat
2.2    Membuat karya seni rupa terapan dengan memanfaatkan teknik dan corak daerah setempat

§ Menjelaskan tentang merancang karya seni rupa terapan
§ Menyebutkan persia-pan persiapan merancang karya seni rupa dengan teknik dan corak daerah Jepara
§ Mempraktikkan teknik-teknik pembuatan ukiran
§ Menyebutkan dan menggambar macam macam pola ukiran
§ Menyebutkan alat-alat yang diguna-kan dalam pembuatan ukiran
§ Membuat karya seni rupa terapan secara sederhana, dengan berkelompok.

§ Merancang karya seni rupa terapan daerah Jepara
§ Membuat karya seni rupa terapan


Seni Musik
3.     Mengapresi-asi karya seni musik
3.1    Mengidentifikasi fungsi dan latar belakang musik tradisional dalam konteks budaya masyarakat setempat
3.2    Mengungkapkan pengalaman musikal dari hasil pengamatan terhadap pertunjukan musik tradisional setempat
3.3    Menunjukkan nilainilai musikal dari hasil pengalaman musikal yang didapatkan melalui pertunjukan musik tradisional setempat

§ Menjelaskan fungsi-fungsi musik tradisional
§ Menjelaskan latar belakang musik tradisional
§ Menyebutkan jenis-jenis musik tradisional Riau, Sulawesi Selatan
§ Menyebutkan dan menjelaskan nilai-nilai musik tradisional

§ Fungsi musik tradisional
§ Latar belakang musik tradisional
§ Pengalaman musikal dari pengamatan pertunjukan
§ Nilai-nilai  musikal melalui pertunjukan musik


Seni Musik
4.     Mengekspre-sikan diri melalui karya seni musik
4.1    Mengembang-kan gagasan kreatif serta mengaransir lagu dengan beragam teknik, media, dan materi musik/lagu  tradisional daerah setempat
4.2    Menampilkan lagu yang telah diaransir di kelas

§ Menyebutkan dan menjelaskan teknik mengaransir lagu
§ Menyebutkan dan menjelaskan media musik/lagu tradisional
§ Mengaransir lagu tradisional secara berkelompok

§ Gagasan kreatif serta mengaransir lagu dengan  beragam teknik, media, dan materi musik tradisional


Seni Tari
5.     Mengapresi-asi karya seni tari
5.1    Mengidentifikasi jenis, peran, dan perkembang an tari Nus-antara da-lam konteks budaya masyarakat daerah setempat
5.2    Mengidentifikasi keuni-kan gerak, kostum, iri-ngan tari Nusantara dalam kon-teks budaya masyarakat daerah se-tempat dalam bentuk tari tunggal

§ Menyebutkan jenis-jenis tari daerah Yogyakarta
§ Menyebutkan peran tari daerah Yogyakarta
§ Menjelaskan dan menguraikan secara singkat perkembangan tari daerah Yogyakarta.
§ Menyebutkan keunikan gerak tari klasik Yogyakarta
§ Menyebutkan keunikan iringan tari Yogyakarta
§ Menyebutkan contoh gendinggending Jawa untuk mengiringi tarian Yogyakarta

§ Jenis peran dan perkembangan tari daerah Yogyakarta
§ Keunikan gerak, kostum, iringan tari Yogyakarta bentuk tari tunggal


Seni Tari
6.     Mengekspre-sikan diri melalui karya seni tari
6.1    Mengidentifikasi gagasan untuk disusun ke dalam tari kreasi Nusantara daerah setempat dalam bentuk tari tunggal
6.2    Menampilkan seni tari kreasi Nusantara daerah setempat dalam bentuk tari tunggal

§ Menyebutkan urutan gagasan/ ide dalam penyusunan tari kreasi daerah Yogyakarta
§ Menyebutkan dan menjelaskan landasan sebagai sumber  penyusunan tari
§ Menyebutkan contoh materi gerak tari kreasi daerah Yogyakarta
§ Menyebutkan keunikan tari kreasi daerah Yogyakarta
Menampilkan contoh tari kreasi daerah Yogyakarta

§ Gagasan tari kreasi daerah Yogyakarta
§ Materi seni tari kreasi Nusantara daerah


Seni Teater
7.     Mengapresi-asi karya seni teater
7.1    Mendeskripsi-kan perkemba-ngan teater tradisional daerah setempat dalam konteks budaya masyarakat
7.2    Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsur estetis pertunjukan teater tradisional daerah setempat
7.3    Menunjukkan sikap apresiatif terhadap pesan moral (kearifan lokal) pertunjukan teater tradisional daerah setempat

§ Menyebutkan dan menjelaskan perkem-bangan teater tradisio-nal daerah Jawa Barat
§ Menyebutkan macam-macam teater daerah Jawa Barat
§ Menyebutkan macam-macam teater daerah Jawa Barat
§ Menyebutkan dan menjelaskan tentang sikap apresiasif terhadap unsur estetis
§ Menjelaskan tentang pesan moral
§ Menyebutkan contoh teater yang berkaitan dengan kearifan lokal

§ Perkembangan teater tradisional daerah Jawa  Barat
§ Sikap apresiatif terhadap unsur estetis
§ Sikap apresiatif terhadap pesan moral (kearifan lokal)


Seni Teater
8.     Mengekspre-sikan diri melalui seni teater
8.1    Mengeksplorasi teknik olah tubuh, pikiran, dan suara
8.2    Merancang pergelaran teater tradisional daerah setempat
8.3    Menerapkan prinsip kerja sama dalam berteater

§ Menjelaskan tentang eksplorasi teknik olah tubuh, pikiran, dan suara
§ Memperagakan gerakan olah tubuh, pikiran dan suara
§ Menyebutkan tahap -tahapan olah pikiran
§ Menyebutkan macam-macam gerakan yang dilatihkan dalam teknik olah tubuh
§ Merancang pergelaran teater tradisional
§ Menyebutkan persiapan persipan dalam pertunjukan
§ Menyebutkan bagi-an bagian teater yang dapat bekerja sama

§ Eksplorasi teknik olah tubuh,  pikiran, dan suara
§ Merancang pergelaran teater tradisional daerah setempat
§ Menerapkan prinsip kerja sama dalam berteater




Mengetahui
Kepala Sekolah



_________________________
NIP/NIK:

.............. , ...............................
Guru Bidang Studi



_________________________
NIP/NIK:







PEMETAAN SK, KD DAN ASPEK

SENI BUDAYA


Nama Sekolah         :  SMA/MA .............................
Mata Pelajaran        : Seni Budaya
Kelas / Semester    : X / 2
Tahun Ajaran          : 20 .....  / 20 .....

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Tahapan berpikir
Indikator Pencapaian Kompetensi
Tahapan berpikir
Materi Pokok
Ruang Lingkup
Alokasi Waktu
Seni Musik
9.     Mengapresi-asi karya seni rupa
9.1    Mengidentifikasi keunikan gagasan dan teknik  dalam karya seni rupa terapan di wilayah Nusantara

§ Mendeskripsikan karya seni rupa terapan di wilayah Nusantara sesuai dengan kehidupan sosial budayanya
§ Mengklasifikasi fungsi seni terapan daerah masing-masing berdasarkan sosial budayanya
§ Mendeskripsikan secara tertulis karya seni terapan salah satu wilayah Nusantara

§ Berkarya seni rupa  di wilayah Nusantara :
§ Pengertian Seni Terapan
§ Unsur seni
§ Fungsi dan tujuan seni
§ Jenis Terapan
§ Seni terapan wilayah Nusantara
Contoh : Karya daerah Jawa Barat dan Lombok



9.2    Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya  seni rupa terapan daerah setempat

§ Mengidentifikasi tanggapan secara lisan atas keunikan hasil karya seni rupa terapan daerah setempat
§ Menunjukan sikap empati terhadap seni rupa terapan daerah setempat
§ Membuat tulisan berupa tanggapan atas keunikan hasil karya seni rupa terapan daerah setempat

§ Berapresiasi karya seni rupa terapan  di wilayah Nusantara
§ Apresiasi karya seni rupa
­  Proses pengamatan dalam berapresiasi
­  Pendekatan  apresiasi
§ Jenis-jenis karya seni rupa   terapan Nusantara
§ Kunjungan ke  Pameran/ galeri
§  Hasil penilaian karya seni   terapan Nusantara


Seni Rupa
10.   Mengeks-presikan diri melalui karya seni rupa
10.1  Merancang karya seni rupa terapan dengan memanfaatkan teknik dan corak di wilayah Nusantara

§ Mengidentifikasi gambar karya seni rupa terapan dua dimensi Nusantara
§ Mempresentasikan  karya seni terapan  dua dimensi wilayah Nusantara
§ Mendesain gambar  seni rupa terapan  yang digali dari  seni rupa di wilayah Nusantara sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan budayan
Contoh : motif Batik untuk kalangan menengah dan masyarakat biasa

§ Berekspresi karya seni rupa terapan di wilayah Nusantara 
Contoh: Batik Jawa Tengah
§ Menjelaskan karya seni Batik di  wilayah Nusantara
§ Merancang Motif salah satu corak seni Batik Nusantara
§ Membuat sketsa atau mendesain karya seni Batik Nusantara



10.2  Membuat karya seni rupa terapan dengan memanfaatkan teknik dan corak di wilayah Nusantara

§ Membuat karya seni rupa terapan dengan beragam teknik yang digali dari seni rupa di wilayah Nusantara
§ Mendesain karya seni terapan
§ Penggunaan Alat
§ Proses pembuatan
§ Proses Pewarnaan alam
§ Proses pewrnaan sintetis

§ Berkreasi karya seni rupa terapan di wilayah Nusantara :
­  Desain karya/sketsa
­  Persiapan bahan dan alat
§ Proses membuat karya terapan dua/ tiga dimensi di wilayah Nusantara



10.3  Menyiapkan karya seni rupa buatan sendiri untuk pameran di kelas atau di sekolah

§ Mengidentifikasi karya seni terapan  yang akan dipamerkan dari seni rupa Nusantara kasil karya sendiri di kelas
§ Menyiapkan unsur pendukung pameran : brosur, undangan, poster, spanduk
§ Mengelompokan anggota untuk pameran
§ Menyiapkan pameran bersama karya seni terapan yang dikembangkan dari seni rupa Nusantara kasil karya sendiri di sekolah

§ Pameran dan kreasi seni rupa terapan wilayah Nusantara :
­  Menjelaskan Tujuan  dan Fungsi pameran seni kriya
­  Menyusun panitia dan menyiapkan karya seni
­  Menentukan Waktu dan tempat Penyelenggaran pameran
§ Menetapkan tempat dan tempat penyelenggaraan Pameran
§ Lingkup Pameran dan Jenis Pameran



10.4  Menata karya seni rupa buatan sendiri dalam bentuk pameran di kelas atau di sekolah

§ Mengidentifikasi pameran seni terapan
§ Membuat laporan kegiatan pameran
§ Mengevaluasi kegiatan pameran

§ Pameran dan kreasi senirupa terapan wilayah Nusantara :
­  Persiapan Pameran
­  Menentukan tema Pameran
­  Menentukan rencana Kegiatan
­  Menyusun Program Pameran
§ Teknik Pengaturan Tata Letak Pameran


Seni Musik
11.   Mengapresi-asi karya seni musik
11.1  Mengidenti-fikasi fungsi dan latar belakang musik  non tradisional  dalam konteks budaya masyarakat setempat

§ Mendeskripsikan  latar belakang musik non  tradisional setempat, secara perorangan / kelompok
§ Mendeskripsikan fungsi musik non tradisional setempat sesuai dengan kehidupan sosial budayanya.
§ Menyanyikan karya  musik  non tradisional  setempat yang sesuai makna  kehidupan sosial budayanya.
§ Memainkan alat musik karya musik non tradisional setempat.
§ bernyanyi dan bermain alat musik karya musik non tradisional setempat

§ Musik non tradisional
­  Latar belakang musik non tradisional
­  Fungsi musik non  tradisional
­  Karya-karya musik non tradisional.

Contoh :
Musik non Tradisional ialah musik tradisi yang tidak bisa lepas dari perkembangan dunia musik secara umum, dengan kata lain, musik non Tradisional musik daerah yang banyak mendapat pengaruh dari musik asing.
1.Jawa tengah : karya musiknya campur sari, yang alat musiknya terdiri gamelan dan alat musik modern, untuk lagu-lagunya di modifikasi, dengan bahasa pergaulan (percampuran)



11.2  Mengungkapkan pengalaman musikal dari hasil pengamatan terhadap pertunjukan  musik  non tradisional setempat

§ Mendeskripsikan jenis-jenis musik non tradisional dari hasil pengamatan pertunjukan musik non tradisional setempat
§ Mengidentifikasikan susunan nada musik non  tradisional setempat
§ Mendeskripsikan karya-karya musik non  tradisional dari hasil pengamatan  pertunjukan musik tradisional setempat.
§ Bernyanyi dan bermain alat musik karya-karya musik non  tradisional setempat hasil dari pengamatan pertunjukan  musik non tradisional setempat.

§ Musik non tradisional
­  Jenis-jenis musik non Tradisional setempat.
­  Unsur/elemen musik  non Tradisional setempat.
­  Karya-karya musik non Tradisional setempat.

Contoh :
Musik non Tradisional ialah musik tradisi yang tidak bisa lepas dari perkembangan dunia musik secara umum, dengan kata lain, musik non Tradisional musik daerah yang banyak mendapat pengaruh dari musik asing.
1.Jawa tengah : karya musiknya campur sari, yang alat musiknya terdiri gamelan dan alat musik modern, untuk lagu-lagunya di modifikasi, dengan bahasa pergaulan (percampuran).



11.3  Menunjukkan nilai-nilai musikal  dari hasil pengalaman musikal  yang didapatkan melalui pertunjukan musik non tradisional setempat

§ Mendeskripsikan  karakteristik /keunikan karya musik non Tradisional setempat.
§ Mendeskripsikan jenis – jenis alat musik non Tradisional setempat.
§ Mendeskripsikan isi lagu  non tradisional setempat kedalam bahasa Indonesia

§ Tanggapan terhadap musik non tradisional
­  Keunikan /karakteristik karya  musik non  Tradisional.
­  Jenis alat musik non Tradisional setempat.
­  Syair lagu karya musik non Tradisional setempat.

Contoh :
Musik non Tradisional
1.Jawa tengah : karya musiknya campur sari, yang alat musiknya terdiri gamelan dan alat musik modern, untuk lagu-lagunya di modifikasi, dengan bahasa pergaulan (percampuran).


Seni Musik
12.   Mengekspre-sikan diri melalui karya seni musik
12.1  Mengembang-kan gagasan kreatif serta mengaransir lagu dengan beragam  teknik, media, dan materi musik  non tradisional setempat

§ Mendeskripsikan teknik  mengaransir / merancang karya musik non Tradisional.
§ Menjelaskan prosedur dan materi  yang digunakan.
§ Menunjukkan sikap menghargai karya seni sendiri dan kelompok.

§ Karya musik berdasarkan gagasan musik non tradisional.
­  Teknik-teknik mengaransir /merancang karya musik non  Tradisional.
­  Prosedur  mengaransir / merancang karya musik non  Tradisional.
Apresiasi hasil karya mengaransir / merancang musik-musik non Tradisional



12.2  Menyiapkan pertunjukan musik tradisional dan  non tradisional di kelas

§ Menyusun penjadwalan kegiatan penampilan.
§ Mengidentifikasikan kebutuhan dalam pergelaran/penampilan musik.
§ Mengidentifikasikan  acara pergelaran musik vocal dan musik instrumental

§ Pergelaran musik
­  Pembentukan Kepanitian pergelaran musik kelas.
­  Kebutuhan sarana prasarana dalam pergelaran musik kelas.
Jadwal, jenis  dan pengisi acara pergelaran musik kelas.



12.3  Menggelar pertunjukan musik tradisional dan  non tradisional di sekolah

§ Mendemonstrasikan bernyanyi  dengan menggunakan teknik  yang benar..
§ Mendemonstrasikan bermain alat musik  dengan menggunakan teknik yang benar.
§ Mendemonstrasikan bernyanyi dan bermain alat musik  dengan menggunakan teknik yang benar

§ Pergelaran musik
­  Penampilan  musik vokal dengan teknik yang benar.
­  Penampilan  musik instrument dengan teknik yang benar.
­  Penampilan musik vokal dan instrument dengan teknik yang benar.
§ Penampilan perorangan dan kelompok dalam pergelaran musik.


Seni Tari
13.   Mengapresi-asi karya seni tari
13.1  Mengidentifi-kasi jenis, peran, dan perkembangan tari Nusantara daerah setempat dalam konteks  budaya masyarakat daerah setempat

§ Mendeskripsikan fungsi tari  berpasangan / kelompok daerah setempat
§ Mengidentifikasi jenis tarI berpasangan /kelompok berdasarkan pengamatan pertunjukan
§ Mengidentifikasi unsur pendukung tari berpasangan/       kelompok

§ Apresiasi tari   kelompok daerah setempat dan  kreasi tari   kelompok
­  latar belakang tari 
­  Berpasangan/ kelompok  
­  fungsi tari
­  jenis tari
­  unsur-unsur pendukung tari



13.2  Mengidentifi-kasi keuni-kan gerak, kostum, iringan tari Nusantara daerah setempat yang berpa-sangan/ kelompok dalam konteks  budaya masyarakat daerah setempat

§ Menganalisis sikap tari, alur gerak  dan pola lantai,level dan kostum tari   bentuk  berpasangan/  kelompok 
§ Mengidentifikasi  keunikan kostum dan iringan tari berpasangan/ kelompok
§ Membuat laporn tertulis tentang keunikan gerak,pola lantai,kostum dan level tari berpasangan/kelompok

§ Tari berpasangan / kelompok
­  sikap tari
­  gerak tari
­  pola lantai
­  rias
­  kostum
­  iringan  tari


Seni Tari
14.   Mengekspe-sikan diri melalui karya seni tari
14.1  Mengidentifi-kasi gagasan untuk disusun  ke dalam tari kreasi daerah setempat dalam bentuk tari tunggal atau berpasangan/ kelompok

§ Membuat proposal tari kreasi  dalam bentuk berpasangan/ kelompok
§ Membuat  proposal tari kreasi dalam bentuk
§ Mendeskripsikan gagasan yang digunakan sebagai landasan berkreasi tari
§ Menganalisis materi gerak yang dipilih dan menyusun prosedur latihan

§ Apresiasi tari Berpasangan / Kelompokdaerah Setempat, gagasan/ide tari meliputi  :
­  tema
­  gerak
­  pola lantai
­  level
­  iringan
­  kostum



14.2  Menampil-kan  seni tari kelompok/berpasangan berdasarkan tari Nusantara daerah setempat

§ Membuat sinopsis tari kreasi tunggal, berpasangan/ kelompok
§ Mengidentifikasi  tari kreasi yang akan ditampilkan secara individu/kelompok
§ Mendemonstrasikan tari kreasi yang di pilih

§ sinopsis tari
§ rangkaian ragam   gerak tari tunggal,    berpasangan/     kelompok
§ berpasangan : tari Payung derah Sumatra Barat -kelompok : tari Srimpi dari  Jateng
§ Tari Berburu dari Papua



14.3  Menyiapkan pertunjukan karya seni  tari kreasi dalam bentuk tari tunggal atau berpasangan/ kelompok di kelas atau sekolah

§ Mengidentifikasi karya seni tari yang kan dipertunjukan
§ Mengidentifikasi tugas-tugas kepanitiaan pertunjukan
§ Menunjukan unsur pendukung pertunjukan

§ Apresiasi tari Berpasangan / Kelompok daerah setempat
­  gagasan/ide tari meliputi  :
­  tema
­  gerak
­  pola lantai
­  level
­  iringan kostum



14.4  Menggelar pertunjukan karya seni  tari kreasi dalam bentuk tari tunggal atau berpasangan/ kelompok di kelas atau sekolah

§ Membuat sinopsis tari kreasi tunggal, berpasangan/ kelompok
§ Membuat susunan acara  tari tunggal atau berpasangan/kelompok yang akan ditampilkan s
§ Mendemonstrasikan tari kreasi yang di pilih

§ sinopsis tari
§ rangkaian ragam   gerak tari tunggal,
§ berpasangan / kelompok
§ Tunggal ,tari Kandagan dari Jawa Barat
§ Berpasangan, ari Oleg Tambulilingan dari Bali
§ Kelompok, Golek Sulung Dayung dari Jawa Tengah


Seni Teater
15.   Mengapresi-asi karya seni teater
15.1  Mendeskripsi-kan perkemba-ngan teater non tradisional daerah setempat dalam konteks  budaya masyarakat

§ Mengindentifikasi perkembangan teater non tradisional daerah setempat
§ Mengklasifikasikan ciri-ciri  teater non tradisional daerah setempat.
§ Mengidentifikasi simbol atau ungkapan filosofis teater non tradisional daerah setempat

§ Perkembangan Teater non  tradisional  daerah Setempat, yaitu:
­  Masa sebelum Kemerdekaan
­  Masa setelah Kemerdekaan
­  Masa  Indonesia Modern



15.2  Menunjukkan sikap apresiatif terhadap unsur estetis pertunjukan teater non tradisional daerah setempat

§ Mengidentifikasi   tentang sikap apresiatif terhadap pertunjukan teater tradisional
§ Memdeskripsikan  tentang pertunjukan teater  tradisional daerah setempat.
§ Mengklasifikasikan unsur-unsur estetis yang terdapat dalam pertunukan teater daerah setempat.
§ Mengidentifikasi perbedaan unsur-unsur estetis yang terdapat dalam pertunjukan teater daerah setempat

§ Pertunjukkan teater Tradisional daerah setempat. Yaitu
­   Melakukan pengamatan pergelaran teater
§ Unsur-unsur estetis yang terdapat dalam Pergelaran teater



15.3  Menunjukkan sikap apresiatif terhadap pesan moral (kearifan lokal) pertunjukan teater non  tradisional daerah setempat

§ Mendeskripsikan  teater non tradisional daerah setempat .
§ Mengklasifikasi macam-macam pesan moral dalam pertunjukan teater non tradisional
§ Mengidentifikasi ciri-ciri pesan moral dalam pertunjukan teater non tradisional daerah setempat

§ Menyusun macam-macam sikap apresiatif yang mempunyai pesan moral


Seni Teater
16.   Mengekspre-sikan diri melalui karya  seni teater
16.1  Mengeksplo-rasi teknik olahtubuh, pikiran, dan suara

§ Mengklasifikaskan olah tubuh dengan gerakan-gerakn berirama/ ritmis
§ Mengidentifikasi mengungkapkan gagasan/ imajinasi
§ Mendeskripsikan  olah suara dengan  Kata-kata, nyanyian atau dialog

§ Teknik olah tubuh Pikiran dan suara

0LAH TUBUH:
Gerakan tubuh Yang berirama.

OLAH PIKIR:
Ungkapan pikiran Melalui imajinasi

OLAH SUARA
Ekspresi bunyi Melalui bunyi .



16.2  Merancang pergelaran karya seni teater kreatif yang dikembangkan dari seni teater tradisional daerah setempat

§ Menjelaskan rancangan kegiatan pergelaran seni teater sesuai dengan teater trdisional.
§ Mendeskripsikan  perencanaan pergelaran seni taeter
§ Mengklasifikasi unsur-unsur teater dalam pergelaran
§ Mengidentifikasi-kan  tentang pembagian dan tanggung jawab panita dalam pergelaran teater.

§ Rencana pergelaran seni teate Dengan membentuk
­  kelompok Manajemen / panitia
­  kelompok produksi teater



16.3  Menerapkan prinsip kerja sama dalam berteater

§ Mendeskripsikan  prinsip-prinsip kerja sama  kepanitian  dalam teater.
§ Mengidentifikasikan   prinsip kerja sama dalam berteater
§ Mendeskripsikan  unsur-unsur kerja sama dalam berteater

§ Prinsip-prinsip kerja sama dalam bertea-ter. Dapat dilakukan dengan cara :
­  Membentuk     Panitia.
­  Membentuk  staf       Produksi



16.4  Menyiapkan pertunjukan  teater tradisional daerah setempat dan  teater kreatif yang dikembangkan dari seni teater tradisional daerah setempat

§ Mendeskripsikan langkah-langkah kegiatan dalam pertunjukan teater tradisional.
§ Mengidentifikasikan kebutuhan dalam persiapan pertunjukan teater.
§ Mendeskripsikan program latihan  persiapan pertunjukan teater ciptaan sendiri

§ Perencanaan pertunjukan teater
Tradisional daerah setempat, dengan tahapan:
­  Pengamatan/ kaji ilmu
­  Pemilihan tema
­  Penulisan / pemilihan Naskah.
­  Pemilihan  pemain
­  Latihan intensif
­  Bentuk pementasan
­  Publikasi
­  Akomodasi / alat-alat
­  Pertunjukan



16.5  Menggelar pertunjukan  teater tradisional daerah setempat dan  teater kreatif yang dikembangkan dari seni teater tradisional daerah setempat

§ Menata ruang, dekorasi panggung pertunjukan teater tradisional setempat
§ Menata pakaian, rias wajah para pemain dalam pertunjukan teater tradisional setempat.
§ Melaksanakan pergelaran
§ Teater tradisional setempat

§ Pergelaran teater Yaitu: Mengadakan pergelaran teater sesuai dengan daerah setempat




Mengetahui
Kepala Sekolah



_________________________
NIP/NIK:

PEMETAAN SK, KD DAN ASPEK

SENI BUDAYA


Nama Sekolah         :  SMA/MA .............................
Mata Pelajaran        : Seni Budaya
Kelas / Semester    : XI / 1
Tahun Ajaran          : 20 .....  / 20 .....

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Tahapan berpikir
Indikator Pencapaian Kompetensi
Tahapan berpikir
Materi Pokok
Ruang Lingkup
Alokasi Waktu
Seni Rupa
1.     Mengapres-iasi karya seni kriya
1.1.   Menjelaskan keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni kriya di wilayah Nusantara

§ Menjelaskan  kecenderungan gagasan dalam proses penciptaan berbagai karya seni kriya di Nusantara
§ Mendeskripsikan  dan menjelaskan teknik membuat suatu karya seni kriya

§ Gagasan dalam karya seni kriya di wilayah Nusantara
§ Teknik membuat karya seni kriya di wilayah Nusantara



1.2    Menampilkan sikap aprsiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni kriya di wilayah Nusantara

§ Mampu mengapresiasi karya seni kriya Nusantara
§ Mendeskripsikan teknik membuat karya seni kriya Nusantara

§ Apresiasi terhadap gagasan dalam karya seni kriya di wilayah Nusantara
§ Apresiasi terhadap teknik dalam karya seni kriya di wilayah Nusantara


Seni Rupa
2.     Mengekspre-sikan diri melalui karya seni kriya
2.1    Merancang karya seni kriya dengan memanfatkan teknik dan corak di wilayah Nusantara

§ Mampu menjelaskan teknik membuat suatu karya seni kriya Nusantara dan merancangnya
§ Menciptakan sebuh rancangan karya seni kriya  dengan kandungan unsur corak seni Nusantara

§ Jenis-jenis dan contoh hasil rancangan karya seni kriya dengan teknik  khas  Nusantara
§ Jenis-jenis dan contoh hasil rancangan karya seni kriya dengan corak khas  Nusantara



2.2    Membuat karya seni kriya dengan memanfaatkan teknik dan corak di wilayah Nusantara

§ Siswa mampu membuat karya seni kriya berdasarkan teknik yang telah dirancang
§ Siswa mampu membuat karya seni kriya berdasarkan corak yang telah direncanakan

§ Cara pembuatan  karya seni kriya dengan teknik khas Nusantara
§ Cara pembuatan karya seni kriya dengan corak khas Nusantara



2.3    Menyiapkan karya seni kriya buatan sendiri untuk pameran di kelas atau di sekolah

§ Menyiapkan karya seni rkriya untuk dipamerkan

§ Teknik menyiapkan karya seni kriya



2.4    Menata karya seni kriya buatan sendiri dalam bentuk pameran  di kelas atau di sekolah

§ Mengatur dan menata karya seni kriya dalam pameran

§ Teknik menata karya seni kriya


Seni Rupa
1.     Mengapresi-asi karya seni rupa
1.1.   Mengidentifik-asi gagasan, teknik, dan bahan dalam karya seni rupa terapan Nusantara

§ Menjelaskan  kecenderungan gagasan dalam berbagai karya seni rupa Nusantara
§ Mendeskripsikan  teknik/proses dalam menciptakan berbagai karya seni rupa terapan Nusantara
§ Menjelaskan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat  berbagai karya seni rupa terapan Nusantara

§ Gagasan dalam karya seni rupa terapan Nusantara
§ Teknik pembuatan karya seni rupa terapan Nusantara
§ Bahan yang digunakan untuk membuat berbagai karya seni rupa terapan Nusantara



1.2    Menampilkan sikap apresiatif atas keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan Nusantara

§ Menjelaskan gagasan, kecenderungan yang unik, dan teknik dalam karya seni rupa modern/kontemporer

§ Apresiasi terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan Nusantara


Seni Rupa
2.     Membuat karya seni rupa
2.1    Menggambar teknik atau mistar

§ Siswa mampu membuat gambar teknik

§ Cara-cara menggambar teknik atau mistar



2.2    Merancang karya seni kriya dengan mempertimbangkan fungsi dan corak seni rupa terapan Nusantara

§ Menciptakan sebuh karya seni kriya  dengan kandungan unsur seni rupa Nusantara
§ Menciptakan sebuh rancangan karya seni kriya dengan kandungan unsur seni rupa Nusantara

§ Konsep fungsi dan corak dalam perancangan seni kriya
§ Merancang karya seni rupa terapan berdasarkan unsur seni rupa Nusantara



2.3    Membuat karya seni kriya dengan mempertimbangkan fungsi dan corak seni rupa terapan Nusantara

§ Siswa mampu membuat karya seni kriya

§ Membuat karya seni kriya


Seni Musik
3.     Mengekspre-sikan karya seni musik
3.1.   Mengidentifikasi makna dan peranan musik tradisional Nusantara dalam konteks kehidupan budaya masyarakat

§ Menjelaskan makna musik tradisional
§ Menyebutkan peranan musik tradisional

§ Makna dan peranan musik tradisional



3.2.   Menunjukkan nilai-nilai dari pengalaman musikal yang terkandung pada musik tradisional Nusantara

§ Menyebutkan nilai-nilai musik tradisional
§ Menjelaskan nilai-nilai musik tradisional
§ Menyebutkan contoh lagu-lagu yang mempunyai nilai-nilai budi pekerti luhur, nilai seni tinggi

§ Nilai-nilai musik tradisional Nusantara


Seni Musik
4.     Mengekspre-sikan diri melalui karya seni musik
4.1.   Mengembang-kan gagasan kreatif serta mengaransir/merancang karya musik dengan menggali beragam proses, teknik, prosedur, media, dan materi musik tradisional Nusantara

4.2.   Menampilkan karya musik yang telah diaransir di kelas

§ Mempraktikkan mengaransir lagu
§ Menjelaskan tentang akor
§ Menyebutkan dan menjelaskan warna suara manusia
§ Menyebutkan hal-hal yang diperhatikan dalam penulisan aransemen
§ Menyebutkan media mengaransemen lagu
§ Menyebutkan contoh-contoh musik tradisional
§ Menyebutkan contoh-contoh lagu daerah/tradisional

§ Cara mengaransir dan merancang karya musik tradisional


Seni Tari
5.     Mengapresi-asi Karya Seni Tari
5.1    Mengidentifikasi jenis,peran, dan perkembangan tari tunggal Nusantara sesuai konteks budaya masyarakat
5.2    Mendeskripsi-kan unsur estetis tari tunggal Nusantara dari hasil pengamatan pertunjukan
5.3    Mengidentifikasi keunikan tari tunggal Nusantara dalam konteks budaya masyarakat

§ Menjelaskan dan menyebutkan jenis tari tunggal
§ Menyebutkan dan menjelaskan peran tari tunggal
§ Menguraikan perkembangan tari tunggal (zaman primitif, feodal, modern)
§ Menyebutkan tokoh-tokoh tari beserta hasil karyanya
§ Menyebutkan unsur-unsur tari tunggal
§ Menyebutkan keunikan tari tunggal (kostum, iringan, gerak)
§ Menyebutkan fungsi kostum, iringan, gerak

§ Jenis dan unsur estetis tari tunggal
§ Perkembangan tari tunggal Nusantara


Seni Tari
6.     Mengekspre-sikan diri melalui Karya Seni Tari
6.1.   Menyusun sinopsis kreasi bentuk tari tunggal berdasarkan  tari Nusantara
6.2.   Menampilkan kreasi bentuk tari tunggal berdasarkan tari Nusantara

§ Menjelaskan pengertian sinopsis tari
§ Menyebutkan tahapantahapan menyusun sinopsis tari
§ Menyebutkan contoh sinopsis tari
§ Menuliskan contoh kreasi bentuk tari tunggal

§ Cara menyusun sinopsis tari


Seni Teater
7.     Mengekspre-sikan karya seni teater
7.1.   Mengidentifikasi makna, simbol/filosofi, serta peran teater tradisional dalam konteks kehidupan budaya masyarakat
7.2.   Menunjukkan kualitas estetis teater tradisional Nusantara berdasarkan pengamatan terhadap pertunjukan
7.3.   Menunjukkan pesan moral (kearifan lokal) teater tradisional Nusantara

§ Menjelaskan makna simbol/filosofi
§ Menjelaskan pengertian teater tradisional
§ Menyebutkan peran teater tradi-sional
§ Menjelaskan dan menyebutkan kualitas/bobot teater tradisional
§ Menunjukkan pesan moral/kearifan lokal teater tradisional (kisah Baratayuda dan Ramayana)
§ Menyebutkan unsur-unsur estetis teater tradisional
§ Menyebutkan nama-nama teater tradisional pada zaman Belanda, Jepang

§ Makna dan peran teater tradisional


Seni Teater
8.     Mengekspre-sikan diri melalui karya  seni teater
8.1.   Mengeksplorasi teknik olahtubuh, pikiran, dan suara
8.2.   Merancang karya seni teater kreatif  yang dikembangkan dari seni teater tradisional Nusantara
8.3.   Menerapkan prinsip kerja sama dalam berteater

§ Menjelaskan dan memberikan contoh tentang eksplorasi teknik olah tubuh, pikiran, dan suara
§ Menyebutkan contoh latihan eksplorasi olah tubuh
§ Menyebutkan contoh latihan eksplorasi olah pikiran
§ Menyebutkan contoh latihan eksplorasi olah suara
§ Menjelaskan tahapan dalam olah pikiran
§ Menjelaskan dan menyebutkan persiapan rancangan karya teater
§ Menyebutkan bagianbagian staf produksi dan tata artistik yang merupakan bagian dalam kerja sama berteater

§ Dengan informasi siswa dapat menjelaskan objek yang menjadi sasaran dalam kegiatan eksplorasi
§ Dengan ceramah siswa dapat menerangkan persiapkan dalam pembuatan karya teater




Mengetahui
Kepala Sekolah



_________________________
NIP/NIK:

.............. , ...............................
Guru Bidang Studi



_________________________
NIP/NIK:

PEMETAAN SK, KD DAN ASPEK
SENI BUDAYA


Nama Sekolah         :  SMA/MA .............................
Mata Pelajaran        : Seni Budaya
Kelas / Semester    : XI / 2
Tahun Ajaran          : 20 .....  / 20 .....

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Tahapan berpikir
Indikator Pencapaian Kompetensi
Tahapan berpikir
Materi Pokok
Ruang Lingkup
Alokasi Waktu
Seni Rupa
9.     Mengapresi-asi karya seni kriya
9.1.   Mengidentifikasi  keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni kriya mancanegara

§ Menjelaskan kecenderungan karakteristik dan contoh seni kriya mancane-gara
§ Menjelaskan kecenderungan karakteristik dan contoh seni kriya mancanegara

§ Keunikan gagasan dalam karya seni kriya mancanegara

§ Keunikan teknik dalam karya seni kriya mancanegara 



9..2 . Menampilkan sikap apresiatif terhadap keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni kriya mancanegara

§ Menjelaskan perkembangan gagasan dalam karya seni kriya mancanegara
§ Mampu memberikan apresiasi terhadap karya seni kriya mancanegara

§ Cara dan contoh mengapresiasi keunikan gagasan dalam karya seni kriya mancanegara
§ Cara dan contoh mengapresiasi  teknik dalam karya seni kriya mancanegara


Seni Rupa
10.   Mengekspre-sikan diri melalui karya seni kriya
10.1  Merancang karya seni kriya dengan memanfaat-kan teknik dan corak di mancanegara

§ Mampu merancang karya seni kriya dengan teknik yang khas mancanegara
§ Mampu merancang karya seni kriya dengan corak yang khas mancanegara

§ Konsep dan definisi “teknik” dalam perancangan seni kriya mancanegara
§ Konsep dan definisi “corak” dalam perancangan seni kriya mancanegara



10.2 Membuat karya seni kriya dengan memanfaatkan teknik dan corak di mancanegara

§ Menjelaskan teknik dan corak  mancanegara yang akan diterapkan dalam pembuatan karya
§ Membuat sebuah karya seni kriya  berdasarkan teknik dan corak seni kriya mancanegara

§ Konsep “teknik dan corak” karya seni kriya mancanegara
§ Pembuatan  karya seni kriya dengan teknik dan corak mancanegara



10.3 Menyiapkan karya seni kriya buatan sendiri untuk pameran di kelas atau di sekolah

§ Menjelaskan apa yang disebut dengan “pameran”, serta makna dan manfaat yanng dapat mereka peroleh dengan menyelenggarakan pameran
§ Menyiapkan karya seni rupa untuk dipamerkan

§ Konsep pameran karya seni kriya
§ Cara menyiapkan karya seni kriya untuk dipamerkan



10.4 Menata karya seni kriya buatan sendiri dalam bentuk pameran di kelas atau di sekolah 

§ Mengatur dan menata karya seni rupa dalam pameran

§ Konsep pameran  dan cara penataan karya sesuai konsep pameran


Seni Rupa
11.   Mengapresi-asi karya seni rupa
11.1 Mengidentifikasi gagasan, teknik, dan bahan dalam karya seni rupa terapan mancanegara

§ Siswa mampu mendeskripsikan ciri khas gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan mancanegara
§ Siswa mampu menyebutkan bahan  yang biasa digunakan dalam karya seni rupa terapan mancanegara 

§ Gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan mancanegara
§ Bahan dalam karya seni rupa terapan mancanegara



11.2 Menampilkan sikap apresiatif atas keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa terapan mancanegara

§ Membuat komentar ilmiah/apresiasi terhadap gagasan dan teknik  yang digunakan / terdapat dalam karya seni rupa terapan mancanegara

§ Keunikan gagasan dan teknik   dalam karya seni rupa terapan mancanegara


Seni Rupa
12.   Membuat karya seni rupa
12.1. Menggambar teknik atau proyeksi

§ Membuat gambar menggunakan mistar dengan ketepatan melalui konstruksi matematis.
§ Mengerti fungsi dan tujuan menggambar mistar.
§ Mengetahui media-media yang digunakan dalam menggambar menggunakan mistar. 
§ Mendeskripsi-kan gambar proyeksi

§ Gambar teknik



12.2 Merancang karya seni rupa dengan mempertimbagkan fungsi dan corak seni rupa terapan 

§ Mampu merancang fungsi dan corak seni rupa terapan.
§ Mampu merancang hasil karya seni rupa terapan dengan fungsi dan corak tertentu

§ Konsep fungsi dan corak dalam seni rupa terapan  
§ Perancangan karya seni rupa terapan



12.3 Membuat karya seni rupa dengan mempertimbangkan fungsi dan corak seni rupa terapan

§ Mampu membuat hasil karya seni rupa terapan dengan fungsi dan corak tertentu

§ Pembuatan karya seni rupa terapan



12.4 Menyiapkan karya seni rupa hasil karya sendiri  untuk pameran kelas atau sekolah

§ Menyiapkan karya seni rupa untuk dipamerkan

§ Cara mempersiapkan karya seni rupa untuk pameran



12.5 Menata karya seni rupa hasil karya sendiri  dalam bentuk pameran kelas atau sekolah

§ Menjelaskan berbagai tema/konsep pameran seni rupa
§ Mengatur dan menata karya seni rupa dalam pameran

§ Konsep pameran seni rupa
§ Cara menata karya seni rupa sesuai konsep  pameran


Seni Musik
13.   Mengapresi-asi karya seni musik
13.1. Mengidentifikasi makna dan peranan musik non tradisional  Nusantara dalam konteks kehidupan budaya masyarakat
13.2. Menunjukkan nilai-nilai dari pengalaman musikal yang terkandung pada musik non tradisional  Nusantara

§ Mengenal berbagai jenis aliran musik non tradisional yang berkembang di Nusantara.
§ Mengidentifikasi persamaan dan perbedaan dari setiap jenisnya.
§ Mengklasifikasikan makna dan peranan dari keunikannya.
§ Menganalisa keunikan nilai estetika dari setiap jenisnya

§ Makna dan Peranan musik nontradisional Nusantara
§ Nilai yang terkandung dalam musik nontradisional Nusantara


Seni Musik
14.   Mengekspre-sikan diri melalui karya seni musik
14.1.Mengembangkan gagasan kreatif serta mengaransir/merancang karya musik dengan menggali beragam proses, teknik, prosedur, media, dan materi musik  non tradisional Nusantara
14.2. Menyiapkan pertunjukan musik di kelas
14.3. Menggelar pertunjukan musik di kelas

§ Mengaransir lagu (kelompok)
§ Memainkan / menyanyikan lagu hasil aransemen.
§ Menyiapkan pertunjukan musik di kelas / sekolah.
§ Menggelar pertunjukan musik di kelas / sekolah

§ Berkarya Seni Musik Paduan Suara dan Vokal Grup


Seni Tari
15.   Mengapresi-asi Karya Seni Tari
15.1.Mengidentifikasi jenis,peran, dan perkembangan tari kelompok Nusantara sesuai konteks budaya Masyarakat

15.2.Mendeskripsikan unsure estetis tari kelompok Nusantara dari hasil pengamatan pertunjukan

§ Mendeskripsikan fungsi   tari berpasangan/ kelompok Nusantara
§ Mengielompokan  tari berpasangan/ kelompok putra dan tariberpasangan/
§ kelompok putri Nusantara  
§ berdasarkan pengamatan   pertunjukan
§ Mengidentifikasi unsur pendukung tari tunggal Nusantara berdasarkan pengamatan
§ Mendeskripsikan sikap.alur gerak, dan pola lantai tari berpasangan/kelompok Nusantara
§ Mengidetifikasi keunikan kostum dan iringan yang dugunakan dalam tari berpasangan/kelompok Nusantara
§ Membuat laporan unsusr estetis tari tungal Nusantara

§ Menggelar pertunjukan seni tari nontra-disional Nusantara



15.3. Menunjukan sikap       apresiatif terhadap        keunikan tari  kelompok        Nusantara  dalam         Konteks  Budaya       masyarakat

§ menganalisisi sikap alur gerak dan pola  lantai yang digunakan  dalam tari kelompok Nusantara
§  Mengidentifikasi keunikan kostum,iringan,gerak,dan pola lantai  tari kelompok Nusantara
§ Menjelaskan secara lisan dan tertulis terhadap keunikan tari kelompok Nusantara

§ Menggelar pertunjukan seni tari nontra-disional Nusantara


Seni Tari
16.   Mengekspre-sikan Diri Melalui Karya Seni Tari
16.1 Menyusun  sinopsis       kreasi bentuk        kelompok       berdasarkan tari        Nusantara

16.2  Mempertunjukan karya seni tari kelompok dan         kreasi orang lain di sekolah

§ Menceriterakan  tema-tema  tari kreasi bentuk berpasangan/kelompok Nusantara
§ Menunjukan gerak tari,polalntai,level, iringan tari   kreasi bentuk berpasangan/kelompok        Nusantara
§ Menunjukan kostum,properti tari kreasi bentuk berpasangan/kelompok Nusantara
§ Mengidentifikasi materi pertunjukan
§ Menunjukan susunan acara  
§ Menyajikan tari kelompok

§ tari kreasi bentuk tunggal Nusantara


Seni Teater
17.   Mengekspre-sikan karya seni Teater
17.1. Mengidentifikasi makna, simbol/filosofi, serta peran teater  non tradisional dalam konteks kehidupan budaya masyarakat

§ Menjelaskan  makna simbolik/filosofi dalam teater non tradisional
§ Mendeskrepsikan fungsi teater non tradisional dalam kehidupan budaya masyarakat
§ Mendiskripsikan  makna simbol dalam teater non tradisional

§ Makna simbol/filosofi teater non tradisional  dalam
§ Konteks kehidupan budaya masyarakat.
§ Peranan teater non tradisional dalam konteks kehidupan budaya masyarakat



17.2. Menunjukkan sikap apresiatif terhadap kualitas estetis teater non tradisional Nusantara berdasarkan pengamatan terhadap pertunjukan

§ Mendiskripsikan sikap apresiatif terhadap pertunjukan teater non tradisional
§ Mendiskripsikan  laporan pengamatan tentang pertunjukan teater non  tradisional daerah setempat.
§ Mengklasifikasikan unsur-unsur estetis yang terdapat dalam pertunukan teater non tradisional daerah setempat.
§ Menunjukan perbedaan unsur-unsur estetis yang terdapat dalam pertunjukan teater non tradisional

§ Sikap apresiatif terhadap kualitas estetis teater non
§ Tradisional Nusantara



17.3. Menunjukkan sikap apresiatif terhadap pesan moral (kearifan lokal) teater non tradisional  Nusantara

§ Menjelaskan  tentang nilai-nilai luhur dari pesan teater non tradisional Nusantara
§ Mengidentifikasi tentang nilai-nilai perjuangan dari pesan teater  non  tradisional Nusantara
§ Mengidentifikasi tema teater dengan pesan moral yang dipaparkan

§ Pesan moral
§ (Kearifan local):
1.Nilai luhur
2.Religius
3.Kejujuran
4.Perjuangan


Seni Teater
18.   Mengekspre-sikan diri melalui karya  seni teater
18.1. Mengeksplorasi teknik olahtubuh, pikiran, dan suara

§ Mendemonstrasikan gerakan beraturan sesuai dengan teknik olah tubuh yang mempunyai irama/ ritmis
§ Mendeskripsikan ungkapan rasa dan imajinasi sebagai teknik olah pikir.
§ Mendemonstrasikan  olah suara dengan          mengucapkan          vokal,kata dan kalimat

Teknik olah tubuh, ikiran dan suara

0LAH TUBUH:   Gerakan tubuh    Yang berirama.

OLAH PIKIR:    Ungkapan pikiran    Melalui imajinasi

OLAH SUARA    Ekspresi bunyi
Melalui bunyi



18.2. Merancang teater kreatif berdasarkan teater non tradisional Nusantara

§ Mengidentifikasi program  teater kreatif berdasarkan teater non tradisi Nusantara.
§ Mengklasifikasikan jenis kebutuhan pergelaran teater         Non Nusantara.
§ Mendefinisikan rancangan kegiatan pergelaran seni teater kreatif  sesuai dengan teater non tradisional  Nusantara

§ Rancangan teater Kreatif yaitu yang digali dan disesuaikan dengan daerah masing-masing



18.3. Menerapkan prinsip kerjasama dalam berteater

§ Mengklasifikasikan prinsip kerja sama dalam pergelaran berteater
§ Mendemontrasikan peran  dalam pertunjukan teater
§ Mendeskripsikan fungsi  peran dalam pertunjukan teater
§ Mendeskripsikan kepanitiaan untuk pergelaran berteater

§ Prinsi-prinsip kerja sama dalam berteater, yaitu
1.  Disiplin
2.  Tanggung jawab
3.  Kekompa-kan
4.  Tujuan yang
     sama



18.4. Menyiapkan pertunjukan teater tradisional dan non tradisional yang telah dirancang

§ Mengidentifikasi kepanitiaan pertunjukan teater sesuai dengan kebutuhan dan pembagian tugasnya
§ Mendiskripsikan perencanaan dan penjadualan pertunjukan
§ Mengidentifikasi susunan acara yang disesuaikan dengan tema

§ Persiapan pertunjukan teater tradisional, yaitu
§ Perencanaan pertunjukan teater
§ Tradisional daerah setempat
1.  Pengama-tan/ kaji ilmu
2.  Pemilihan tema
3. Penulisan naskah
4.  Pemilihan pemain
5.. Latihan intensif
6.  Bentuk pementasan
7.  Publikasi
8.  Akomodasi / alat-alat
9.  Pertunju-kan produksi



18.5. Menggelar pertunjukan teater tradisional dan non tradisional yang telah dirancang

§ Mendemonstrasikan penataan ruang dekorasi panggung pertunjukan teater tradisional
§ Mendemonstrasikan penataan  pakaian, rias wajah para pemain dalam pertunjukan teater tradisional
§ Medemontrasikan pergelaran
§ Teater tradisional

§ Mengadakan pergelaran teater,yaitu melaksanakan sesuai rencana masing-masing




Mengetahui
Kepala Sekolah



_________________________
NIP/NIK:

.............. , ...............................
Guru Bidang Studi



_________________________
NIP/NIK:

PEMETAAN SK, KD DAN ASPEK
SENI BUDAYA


Nama Sekolah         :  SMA/MA .............................
Mata Pelajaran        : Seni Budaya
Kelas / Semester    : XII / 1
Tahun Ajaran          : 20 .....  / 20 .....

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Tahapan berpikir
Indikator Pencapaian Kompetensi
Tahapan berpikir
Materi Pokok
Ruang Lingkup
Alokasi Waktu
Seni Rupa
1.     Mengapresi-asi karya seni rupa
1.1    Menjelaskan keunikan gagasan dan teknik  dalam karya seni rupa modern/kontemporer
1.2.   Menjelaskan perkembangan seni rupa modern/kontemporer Mancanegara
1.3.   Menampilkan sikap apresiatif terhadap  keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa modern/kontemporer

§ Menjelaskan keunikan gagasan dan teknik dalam karya seni rupa modern/kontemporer
§ Menyebutkan latar belakang lahir seni rupa modern/kontemporer
§ Mejelaskan dan menguraikan perkembangan seni rupa mancanegara (modern /kontemporer)
§ Menyebutkan aliran-aliran seni rupa mancanegara
§ Menjelaskan dan menyebutkan cara penilaian karya seni rupa modern dan kontemporer

§ Keunikan gagasan dan teknik karya seni rupa modern


Seni rupa
2.     Mengekspre-sikan diri melalui karya seni rupa
2.1.   Merancang karya seni rupa murni dan terapan yang dikembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara
2.2.   Membuat karya seni rupa murni dan terapan yang dikembangkan dari beragam unsur seni rupa Nusantara

§ Menjelaskan maksud merancang karya seni rupa
§ Menyebutkan karya seni rupa murni dan terapan sebagai bahan untuk merancang
§ Menyebutkan macam-macam rancangan dalam penggunaan
§ Membuat karya seni rupa murni dan terapan

§ Merancang karya seni rupa murni dan terapan


Seni musik
3.     Mengapresi-asi karya seni musik
3.1.   Mengidentifikasi makna dan peranan musik Nusantara dalam konteks kehidupan budaya masyarakat
3.2.   Menunjukkan nilai-nilai dari pengalaman musikal hasil pengamatan terhadap pertunjukan karya musik Nusantara

§ Menjelaskan makna musik Nusantara (tradisional, modern, dan kontemporer)
§ Menyebutkan  pembagian musik Nusantara
§ Menyebutkan dan menjelaskan peranan musik Nusantara (tradisional, modern, dan kontemporer)
§ Menunjukkan nilainilai yang terkandung dalam musik Nusantara
§ Menyebutkan halhal yang perlu diamati dalam pengakuan musik Nusantara

§ Makna musik Nusantara


Seni musik
4.     Mengapresi-asikan diri melalui karya seni musik
4.1.   Mengembang-kan gagasan kreatif serta mengaransir karya musik dengan menggali beragam proses, teknik, prosedur, media, dan materi musik Nusantara
4.2.   Menampilkan karya musik yang telah diaransir

§ Menjelaskan makna musik Nusantara (tradisional,modern, dan kontemporer)
§ Menyebutkan pembagian musik Nusantara
§ Menyebutkan dan menjelaskan peranan musik Nusantara (tradisional, modern, dan kontemporer)
§ Menunjukkan nilai-nilai yang terkandung dalam musik Nusantara
§ Menyebutkan hal-hal yang perlu diamati dalam pengakuan musik Nusantara

§ Gagasan mengaransir lagu


Seni Tari
5.     Mengapresi-asi karya seni tari
5.1.   Mengidentifikasi jenis, peran, dan perkembangan tari tunggal  kreasi nonetnik sesuai konteks budaya masyarakat daerah setempat
5.2.   Mengidentifikasi jenis dan peran tari kelompok kreasi nonetnik dalam konteks kehidupan budaya masyarakat daerah setempat
5.3.   Menunjukkan sikap apresiatif terhadap keunikan tari tunggal kreasi nonetnik dalam konteks budaya masyarakat daerah setempat

§ Menyebutkan jenis, peran dan perkembangan tari tunggal (tari Bali)
§ Menyebutkan peran dan jenis, tari kelompok (tari Surakarta)
§ Menyebutkan dan menjelaskan keunikan tari tunggal dan kelompok tari Bali

§ Jenis, peran dan perkembangan tari tunggal diBali
§ Jenis dan peran tari kelompok kreasi Surakarta
§ Sikap apresiasif terhadap keunikan tari tunggal


Seni Tari
6.     Mengapresi-asi diri melalui karya seni tari
6.1.   Menyusun sinopsis kreasi tari tunggal non etnik
6.2.   Menyusun sinopsis kreasi tari kelompok nonetnik

§ Menyebutkan hal –hal yang diperhatikan dalam menyusun sinopsis tari
§ Menyebutkan urutan gerak tari tunggal (tari Tani)
§ Memperagakan salah satu ragam gerak tari tunggal (tari Tani)
§ Menyusun sinopsis tari tunggal dan kelompok

§ Sinopsis tari tunggal
§ Sinopsis tari kelompok


Seni teater
7.     Mengapresi-asi karya seni teater
7.1.   Mengidentifikasi makna dan peranan pertunjukan teater tradisional mancanegara (Asia) dalam konteks kehidupan budaya masyarakat
7.2.   Menunjukkan  sikap apresiatif  terhadap unsur estetis  teater tradisional mancanegara (Asia) berdasarkan pengamatan pertunjukan
7.3.   Menunjukkan sikap apresiatif terhadap pesan moral (kearifan lokal) teater tradisional Mancanegara (Asia)

§ Menjelaskan makna teater
§ Menyebutkan peranan pertunjukan teater tradisional
§ Mengamati pertunjukan teater
§ Menyebutkan unsurunsur estetis teater tradisional
§ Menjelaskan dan mengurai-kan serta mencerminkan kembali sinopsis teater mancanegara yang berjudul “Romeo dan Yuliet
§ Meyebutkan pesan moral, yang terdapat pada teater tradisional mancanegara (Romeo dan Yuliet)

§ Makna dan peranan pertunjukan teater tradisional mancanegara
§ Sikap apresiasif unsur estetis teater tradisional mancanegara
§ Pesan moral (kearifan lokal) teater tradisional mancanegara


Seni teater
8.     Mengapresi-asi diri melalui karya seni teater
8.1.   Mengeksplorasi teknik olahtubuh, pikiran, dan suara
8.2.   Merancang karya teater kreatif yang dikembangkan dari teater tradisional mancanegara (Asia)
8.3.   Menerapkan prinsip kerjasama dalam berteater

§ Menyebutkan contoh-contoh eksplorasi teknik olah tubuh, pikiran dan suara
§ Merancang karya teater tradisional
§ Menyebutkan teknik-teknik permainan
§ Menyebutkan bagian-bagian kerja sama dalam berteater

§ Mengeluarkan teknik olah tubuh, pikiran,dan suara
§ Merancang karya teater kreatif
§ Kerja sama dalam berteater




Mengetahui
Kepala Sekolah



_________________________
NIP/NIK:

.............. , ...............................
Guru Bidang Studi



_________________________
NIP/NIK:

.............. , ...............................
Guru Bidang Studi



_________________________
NIP/NIK:





Tidak ada komentar:

Posting Komentar